-->

PANDUAN BERJUALAN DI FACEBOOK (FACEBOOK MARKETING)


Facebook adalah salah satu situs web terbesar di dunia, dan sebagai satu-satunya pesaing yang dikhawatirkan Google. Ini adalah pasar yang sangat besar dan memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif. Ini berarti bahwa dalam 30 hari terakhir, 500 juta orang yang berbeda telah masuk ke akun mereka. Woow!!! Itu banyak sekali. Setiap hari sekitar 50% dari 500 juta pengguna masuk ke akun mereka dan setiap bulan sekitar 700 miliar menit dihabiskan di Facebook oleh penggunanya.
Orang suka Facebook dan menghabiskan berjam-jam di atasnya, bahkan mengaksesnya melalui ponsel dan perangkat seluler lainnya. Facebook memiliki peringkat 2 di Alexa dan rata-rata 35% dari semua lalu lintas Internet setiap harinya berasal dari Facebook. Ini adalah situs jejaring sosial masif yang menghadirkan kemungkinan besar bagi pemasar cerdas. Ini adalah situs yang sangat padat dan rata-rata pengguna menghabiskan 35 menit sehari di situs.
Banyak pelaku pasar beranggapan bahwa Facebook hanya sebagai situs yang buang-buang waktu saja. Apa yang tidak mereka sadari adalah bahwa Facebook menarik bagi semua rentang usia karena generasi yang lebih tua mulai menggunakannya untuk tetap berhubungan dengan anak-anak dan cucu. Bahkan, pada tahun 2009, Facebook mengalami peningkatan lebih dari 900% pada orang yang berusia 55+ tahun yang bergabung dan menggunakan Facebook. Oleh karena itu, tidak peduli apa yang Anda pasarkan akan ada orang di sana yang akan tertarik pada apa yang Anda tawarkan.
Pengetahuan ini membuka Facebook sebagai tambang emas potensial bagi setiap pemasar Internet yang ingin menargetkan orang-orang yang menarik dalam produk mereka. Ini adalah cara dan teknik yang sangat bagus untuk meraup untung dari social media, cukup sederhana yang harus anda lakukan :
  •  Gunakan Facebook, buat profil dan mulailah
  • Tambahkan teman ke akun Anda secara manual dan atau otomatis
  • Buat halaman penggemar Facebook untuk memasarkan produk Anda dan buat daftar
  • Pasarkan barang atau jasa ke grup Facebook
  • Tawarkan produk dan layanan pasar terbaik kepada orang-orang di Facebook untuk kesuksesan maksimum
  • Temukan penawaran terbaik untuk dipromosikan
  • Gunakan iklan Facebook untuk menargetkan orang secara ketat ke demografi

       PASARKAN KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA

Tujuan utama pengguna Facebook yaitu untuk menjalin interaksi sosial dan bukan untuk melakukan transaksi ekonomi. Mereka tidak ingin seseorang mencoba menawarkan dan menjual barang-barang kepada mereka di Facebook. Mereka menggunakan Facebook untuk bertemu teman, berbagi minat dan bertemu orang baru. Oleh karena itu pendekatan pemasaran terbaik untuk Facebook adalah pendekatan yang lembut dan halus.
Langkah awal pemasaran di Facebook harus lebih banyak tentang membangun hubungan, menetapkan otoritas dan menyalurkan orang-orang ke dalam daftar daripada tentang menjual. Ini adalah konsep paling penting untuk Anda pahami ketika memasarkan di Facebook.Anda dapat menghasilkan uang dengan merekomendasikan produk, tetapi hanya setelah Anda membangun hubungan Anda dengan teman-teman Anda dan membangun otoritas Anda.
Pendekatan terbaik Anda adalah tidak memberi tahu orang untuk membeli produk tetapi mengatakan Anda telah membeli sesuatu dan itu berhasil untuk Anda, yaitu ulasan singkat sebuah produk. Ini cenderung bekerja sangat baik.Namun, ingatlah bahwa apa yang Anda benar-benar ingin lakukan di Facebook adalah menggunakannya sebagai daftar pembangun dan saluran orang ke autoresponder. Setelah Anda memiliki mereka di autoresponder Anda, maka Anda dapat membangun hubungan Anda dengan mereka dan mulai memasarkan kepada mereka.
Dengan membagikan informasi yang berguna dan menetapkan diri Anda sebagai figur otoritas yang kredibel di, Anda dapat dengan mudah menyalurkan orang-orang ke dalam daftar Anda. Jika Anda tidak menetapkan diri Anda sebagai figur otoritas yang kredibel, maka Anda harus berjuang untuk membuat mereka mendengarkan Anda dan meyakinkan mereka untuk masuk dalam daftar Anda.
Ingat bahwa Facebook bukan mesin penjualan tetapi ini adalah tempat yang fantastis untuk bertemu dan bersosialisasi dengan target pasar Anda dan membangun prospek. Jika Anda mengingat hal ini ketika Anda menggunakan Facebook, maka Anda akan segera membangun daftar pelanggan setia yang sangat ditargetkan.

      BERIKLAN DI FACEBOOK

Beriklan di Facebook adalah cara terbaik bagi Anda untuk memasarkan produk langsung ke target pasar Anda. Manfaat dari Facebook adalah mereka memiliki banyak demografi yang sangat bertarget dan sangat tepat pada pengguna mereka. Bagi Anda ini berarti bahwa Anda dapat menargetkan orang-orang ke bawah ke minat, usia, hubungan, dan lainnya untuk iklan Anda.
Manfaat besar lainnya adalah iklan di Facebook secara signifikan lebih murah daripada iklan di layanan seperti Google Adwords untuk kata kunci yang sama, tanpa memperhitungkan nilai penargetan. Menempatkan iklan mudah dilakukan. Cari iklan (advert) di sisi kanan dan klik tautan buat iklan (create advert). Ini akan membawa Anda ke layar pertama di bawah ini:

Seperti yang Anda lihat, ini adalah formulir yang mudah untuk diisi. Cukup cantumkan URL Tujuan Anda di kotak pertama - ini adalah tautan afiliasi Anda atau tautan afiliasi yang dipersingkat ke tawaran yang Anda promosikan. Maka Anda perlu judul untuk iklan Anda. Gunakan huruf besar setiap huruf dari setiap kata dari judul sesuai pedoman mereka di http://www.facebook.com/ads/mistakes.php (layak dibaca). Anda dibatasi hingga 25 karakter sehingga Anda harus singkat dan to the point. Pastikan itu menarik perhatian orang dan membantu mereka menyadari mengapa mereka harus mengeklik iklan Anda.
Teks isi memberi Anda lebih banyak karakter, 138, untuk menggambarkan produk yang Anda promosikan dan menarik klik. Lihatlah iklan lain di Facebook dan itu akan memberi Anda ide yang bagus tentang apa yang harus dimasukkan di sini.

    Facebook memiliki aturan ketat tentang apa yang Anda bisa dan tidak dapat beriklan jadi pastikan Anda mengetahui apa yang mereka izinkan. Item berikut adalah yang dilarang dari Facebook pada saat penulisan - periksa situs web mereka di http://www.facebook.com/ad_guidelines.php/ untuk info terbaru.
  1.        Iklan tidak boleh salah, menyesatkan, curang atau menipu.
  2.        Iklan tidak akan diizinkan dalam kasus di mana model bisnis atau praktik dianggap tidak dapat diterima atau bertentangan dengan filosofi periklanan keseluruhan Facebook.
  3.      Iklan, atau kategori iklan, yang menerima umpan balik pengguna negatif dalam jumlah yang signifikan atau sebaliknya dianggap melanggar standar komunitas tidak akan diizinkan.
  4.               Iklan tidak boleh berisi, memfasilitasi, mempromosikan, atau merujuk hal-hal berikut:

a.          Bahasa yang ofensif, profan, vulgar, tidak senonoh atau tidak pantas;
b.         Konten cabul, memfitnah, mencemarkan nama dan / atau melanggar hukum;
c.          Produk tembakau;
d.         Amunisi, senjata api, senapan paintball, senjata bb atau senjata jenis apa pun;
e.          Perjudian, termasuk tanpa batasan, setiap kasino online, buku olahraga, bingo atau poker tanpa izin dari Facebook;
f.          Penipuan, aktivitas ilegal atau surat berantai;
g.         Kontes dan undian kecuali diberi izin oleh Facebook untuk melakukannya; jika izin diberikan, Anda tunduk pada pedoman Promosi Facebook;
h.         Dapatkan peluang cepat kaya dan peluang menghasilkan uang lainnya yang menawarkan kompensasi untuk sedikit atau tanpa investasi, termasuk peluang "kerja dari rumah" yang diposisikan sebagai alternatif untuk bekerja paruh waktu atau penuh waktu atau janji-janji keuntungan moneter tanpa pamrih. ;
i.           Konten khusus dewasa, termasuk ketelanjangan, istilah seksual dan / atau gambar orang-orang dalam posisi atau kegiatan yang terlalu sugestif atau gambar seksual atau provokatif yang melanggar standar komunitas;
j.           Pencari teman dewasa atau situs kencan dengan penekanan seksual;
k.         Mainan dewasa, video, atau produk dewasa lainnya;
l.           Produk farmasi tidak bersertifikat;
m.       Kamera mata-mata atau peralatan pengintai;
n.         Perguruan tinggi tidak terakreditasi berbasis web yang menawarkan gelar;
o.         Konten religius yang meradang;
p.         Agenda politik agama dan / atau asosiasi yang dikenal dengan kebencian, kegiatan kriminal dan / atau teroris;
q.         Konten yang mengeksploitasi agenda politik atau menggunakan "tombol panas" masalah untuk penggunaan komersial terlepas dari apakah pengiklan memiliki agenda politik;
r.           Perkataan yang mendorong kebencian, baik diarahkan pada individu atau kelompok dan apakah berdasarkan ras, jenis kelamin, keyakinan, asal kebangsaan, afiliasi keagamaan, status perkawinan, orientasi seksual, identitas gender atau bahasa individu atau kelompok tersebut;
s.          Konten yang mendukung terhadap organisasi, orang, atau sekelompok orang, dengan pengecualian kandidat yang mencalonkan diri untuk jabatan publik;
t.           Konten yang menggambarkan kondisi kesehatan dengan cara yang merendahkan atau peradangan atau salah mengartikan kondisi kesehatan dengan cara apa pun.

Akhirnya, masukkan gambar yang sesuai dengan iklan. Ini perlu menjadi sesuatu yang menarik perhatian mata saat mengomunikasikan tujuan iklan kepada pemirsa. Gambar clip art yang tidak profesional sering terlihat bekerja sangat baik dengan orang lain. Apa pun yang terlalu dipoles tampaknya membuat orang takut. Ada banyak clipart dan situs foto saham di Internet yang dapat Anda gunakan.

    Setelah Anda menyelesaikan bagian ini, Anda klik Lanjutkan dan Anda dapat mulai menyelesaikan bagian Penargetan. Bagian pertama dari ini adalah lokasinya:




                Di sini Anda dapat memilih lokasi orang-orang yang ingin Anda iklankan. Anda dapat memilih negara atau Anda dapat mempersempitnya lebih lanjut ke negara bagian, provinsi atau kota. Ini adalah fitur yang sangat kuat bagi siapa saja yang mengiklankan fitur offline, dan menjalankan kampanye iklan Facebook untuk perusahaan offline adalah peluang bisnis yang luar biasa. Banyak perusahaan offline akan membayar mahal untuk beriklan ke khalayak yang ditargetkan. Ketika Anda terus melalui opsi dan menargetkan iklan Anda, Anda akan disajikan dengan kotak yang menunjukkan kepada Anda berapa banyak orang yang memenuhi kriteria Anda. Ini akan membantu Anda memahami berapa banyak orang yang berpotensi melihat iklan Anda.
                  Selanjutnya Anda memilih demografi target pasar Anda:


Disini Anda dapat memilih Umur dan Jenis Kelamin. Anda juga dapat memilih untuk menargetkan orang pada hari ulang tahun mereka, jika produk yang Anda promosikan terkait dengan ulang tahun. Anda juga dapat menargetkan orang-orang seperti minat mereka pada Pria atau Wanita dan hubungan mereka. Diatas itu Anda dapat menargetkan mereka dengan bahasa yang mereka gunakan, memberikan Anda kesempatan untuk mengiklankan kepada orang-orang diberbagai Negara.
Penargetan demografis ini memberi Anda banyak fleksibilitas karena jika Anda mengetahui demografi target pasar Anda maka Anda dapat menampilkan iklan kepada mereka. Ini adalah penghemat uang yang sangat besar karena Anda dapat berfokus pada orang-orang yang memiliki minat daripada orang-orang yang mungkin tidak tertarik.
Akhirnya Anda dapat menargetkan orang-orang dengan suka, Minat, Pendidikan dan Tempat Kerja. Sekali lagi, ini memberi Anda beberapa peluang bagus untuk menargetkan pasar Anda dengan lengkap dan fokus.


Selanjutnya Anda beralih ke biaya…


Disini Anda dapat memilih berbagai mata uang dan memilih anggaran harian Anda. Ini adalah bagian penting karena akan mempengaruhi berapa banyak klik yang Anda dapatkan dan bayar. Seperti Adwords, tawarannya adalah seberapa banyak Anda dapat membayar per klik, bukan seberapa banyak yang Anda bayarkan. Banyak klik akan lebih murah daripada ini, tetapi Anda dapat membayar harga klik penuh sesekali. Anda juga dapat menjalankan kampanye Anda pada tanggal tertentu jadi jika Anda ingin menjalankan kampanye Anda pada hari-hari tertentu dalam seminggu atau selama liburan, Anda dapat memilih opsi di sini.
Jika Anda memilih "Setel tawaran yang berbeda (mode lanjutan)" maka Anda memiliki beberapa opsi tambahan.


Disini Anda dapat memilih untuk membayar per tayangan (yaitu dengan tampilan) atau membayar per klik. Yang akan Anda gunakan terserah Anda tergantung pada apa yang Anda iklankan. Anda juga dapat mengubah tawaran maksimum di sini jika Anda memilih dan menyesuaikan tawaran Anda untuk mendapatkan klik lebih banyak atau lebih sedikit. Ingat bahwa Anda perlu menetapkan anggaran harian dan memastikan bahwa Anda mampu membayar pengeluaran dan mendapatkan laba atas investasi.
Periklanan Facebook adalah metode ampuh untuk menjangkau audiens yang sangat ditargetkan dengan iklan Anda. Ingat seperti semua iklan PPC, Anda perlu melacak hasil Anda dan menguji berbagai iklan untuk mencapai tingkat klik-tayang maksimum dengan biaya minimum.

TEKNIK LANJUTAN

Ketika menggunakan Facebook, ada beberapa teknik lanjutan yang dapat Anda terapkan. Ini akan memberi Anda kelebihan dan membiarkan Anda membawa Facebook ke level berikutnya.
Teknik pertama adalah menawarkan layanan kepada perusahaan offline yang membuatkan fanpages untuk mereka dan mendapatkan penggemar. Ini dimonetisasi dengan membebankan biaya untuk layanan awal dan kemudian membebankan biaya pemeliharaan bulanan untuk menambahkan penggemar, memperbarui halaman, mempromosikannya, dan sebagainya. Banyak perusahaan offline yang sadar akan Facebook dan memiliki kesempatan untuk berhubungan dengan basis pelanggan mereka seperti ini sangat berharga bagi mereka.
Teknik lanjutan lain yang sangat berguna bagi Anda sebagai seorang pemasar adalah menginstal aplikasi bernama Facebook Markup Language (FBML). Sekarang ini mungkin terdengar rumit, tetapi ini adalah aplikasi yang sangat berguna untuk Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan fan pages Anda dengan menambahkan kode kustom dan tab khusus ke halaman.
Ini berarti bahwa alih-alih hanya puas dengan tab default yang diberikan Facebook untuk halaman, Anda malah dapat menambahkan tab baru dari desain Anda sendiri. Ini sangat kuat karena tab ini dapat menampilkan HTML khusus sebagai bagian dari halaman penggemar. Jadi Anda bisa memasukkan tab yang merupakan halaman untuk membangun daftar Anda. Dengan halaman penggemar, Anda dapat mengatur ini untuk menjadi halaman pertama orang mendarat, jika Anda ingin, sehingga Anda langsung menyalurkan orang ke daftar autoresponder Anda.
FBML memang memiliki banyak kegunaan lain dan bisa sangat berguna dalam menyesuaikan halaman Facebook Anda dan membuat mereka terlihat profesional. Anda dapat mendesain halaman Anda untuk secara khusus menarik bagi target pasar Anda. Facebook Markup Language memberi Anda kesempatan untuk membuat halaman Anda di Facebook terlihat sedikit berbeda dan menonjol. Ini berarti orang-orang akan menemukan halaman Anda lebih menarik. Gabungkan ini dengan informasi yang unik dan berguna dan Anda akan memiliki halaman Facebook yang akan bekerja dengan baik untuk Anda.
Tentu saja, mari kita ingatkan bahwa Facebook adalah jaringan utama untuk bersosialisasi. Karena itu, penjualan tidak cenderung bekerja dengan sangat baik. Jika Anda mengambil pendekatan pemasaran yang lembut dan fokus untuk menyalurkan orang ke daftar Anda, maka Anda akan menemukan bahwa Facebook menjadi pasar yang sangat kuat dan menguntungkan bagi Anda.

0 Response to "PANDUAN BERJUALAN DI FACEBOOK (FACEBOOK MARKETING)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel