PANDUAN BERJUALAN DI FACEBOOK (FACEBOOK MARKETING)
Facebook
adalah salah satu situs web terbesar di dunia, dan sebagai satu-satunya pesaing
yang dikhawatirkan Google. Ini adalah pasar yang sangat besar dan memiliki
lebih dari 500 juta pengguna aktif. Ini berarti bahwa dalam 30 hari terakhir,
500 juta orang yang berbeda telah masuk ke akun mereka. Woow!!! Itu banyak
sekali. Setiap hari sekitar 50% dari 500 juta pengguna masuk ke akun mereka dan
setiap bulan sekitar 700 miliar menit dihabiskan di Facebook oleh penggunanya.
Orang
suka Facebook dan menghabiskan berjam-jam di atasnya, bahkan mengaksesnya
melalui ponsel dan perangkat seluler lainnya. Facebook memiliki peringkat 2 di Alexa
dan rata-rata 35% dari semua lalu lintas Internet setiap harinya berasal dari
Facebook. Ini adalah situs jejaring sosial masif yang menghadirkan kemungkinan
besar bagi pemasar cerdas. Ini adalah situs yang sangat padat dan rata-rata
pengguna menghabiskan 35 menit sehari di situs.
Banyak
pelaku pasar beranggapan bahwa Facebook hanya sebagai situs yang buang-buang
waktu saja. Apa yang tidak mereka sadari adalah bahwa Facebook menarik bagi
semua rentang usia karena generasi yang lebih tua mulai menggunakannya untuk
tetap berhubungan dengan anak-anak dan cucu. Bahkan, pada tahun 2009, Facebook
mengalami peningkatan lebih dari 900% pada orang yang berusia 55+ tahun yang
bergabung dan menggunakan Facebook. Oleh karena itu, tidak peduli apa yang Anda
pasarkan akan ada orang di sana yang akan tertarik pada apa yang Anda tawarkan.
Pengetahuan
ini membuka Facebook sebagai tambang emas potensial bagi setiap pemasar
Internet yang ingin menargetkan orang-orang yang menarik dalam produk mereka. Ini
adalah cara dan teknik yang sangat bagus untuk meraup untung dari social media,
cukup sederhana yang harus anda lakukan :
- Gunakan Facebook, buat profil dan mulailah
- Tambahkan teman ke akun Anda secara manual dan atau otomatis
- Buat halaman penggemar Facebook untuk memasarkan produk Anda dan buat daftar
- Pasarkan barang atau jasa ke grup Facebook
- Tawarkan produk dan layanan pasar terbaik kepada orang-orang di Facebook untuk kesuksesan maksimum
- Temukan penawaran terbaik untuk dipromosikan
- Gunakan iklan Facebook untuk menargetkan orang secara ketat ke demografi
PASARKAN KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA
Tujuan
utama pengguna Facebook yaitu untuk menjalin interaksi sosial dan bukan untuk melakukan
transaksi ekonomi. Mereka tidak ingin seseorang mencoba menawarkan dan menjual
barang-barang kepada mereka di Facebook. Mereka menggunakan Facebook untuk
bertemu teman, berbagi minat dan bertemu orang baru. Oleh karena itu pendekatan
pemasaran terbaik untuk Facebook adalah pendekatan yang lembut dan halus.
Langkah
awal pemasaran di Facebook harus lebih banyak tentang membangun hubungan,
menetapkan otoritas dan menyalurkan orang-orang ke dalam daftar daripada
tentang menjual. Ini adalah konsep paling penting untuk Anda pahami ketika
memasarkan di Facebook.Anda dapat menghasilkan uang dengan merekomendasikan
produk, tetapi hanya setelah Anda membangun hubungan Anda dengan teman-teman
Anda dan membangun otoritas Anda.
Pendekatan
terbaik Anda adalah tidak memberi tahu orang untuk membeli produk tetapi
mengatakan Anda telah membeli sesuatu dan itu berhasil untuk Anda, yaitu ulasan
singkat sebuah produk. Ini cenderung bekerja sangat baik.Namun, ingatlah bahwa
apa yang Anda benar-benar ingin lakukan di Facebook adalah menggunakannya
sebagai daftar pembangun dan saluran orang ke autoresponder. Setelah Anda
memiliki mereka di autoresponder Anda, maka Anda dapat membangun hubungan Anda
dengan mereka dan mulai memasarkan kepada mereka.
Dengan
membagikan informasi yang berguna dan menetapkan diri Anda sebagai figur
otoritas yang kredibel di, Anda dapat dengan mudah menyalurkan orang-orang ke
dalam daftar Anda. Jika Anda tidak menetapkan diri Anda sebagai figur otoritas
yang kredibel, maka Anda harus berjuang untuk membuat mereka mendengarkan Anda
dan meyakinkan mereka untuk masuk dalam daftar Anda.
Ingat
bahwa Facebook bukan mesin penjualan tetapi ini adalah tempat yang fantastis
untuk bertemu dan bersosialisasi dengan target pasar Anda dan membangun
prospek. Jika Anda mengingat hal ini ketika Anda menggunakan Facebook, maka
Anda akan segera membangun daftar pelanggan setia yang sangat ditargetkan.
BERIKLAN DI FACEBOOK
Beriklan
di Facebook adalah cara terbaik bagi Anda untuk memasarkan produk langsung ke
target pasar Anda. Manfaat dari Facebook adalah mereka memiliki banyak
demografi yang sangat bertarget dan sangat tepat pada pengguna mereka. Bagi
Anda ini berarti bahwa Anda dapat menargetkan orang-orang ke bawah ke minat,
usia, hubungan, dan lainnya untuk iklan Anda.
Manfaat
besar lainnya adalah iklan di Facebook secara signifikan lebih murah daripada
iklan di layanan seperti Google Adwords untuk kata kunci yang sama, tanpa
memperhitungkan nilai penargetan. Menempatkan iklan mudah dilakukan. Cari iklan
(advert) di sisi kanan dan klik
tautan buat iklan (create advert).
Ini akan membawa Anda ke layar pertama di bawah ini:
Seperti
yang Anda lihat, ini adalah formulir yang mudah untuk diisi. Cukup cantumkan
URL Tujuan Anda di kotak pertama - ini adalah tautan afiliasi Anda atau tautan
afiliasi yang dipersingkat ke tawaran yang Anda promosikan. Maka Anda perlu
judul untuk iklan Anda. Gunakan huruf besar setiap huruf dari setiap kata dari
judul sesuai pedoman mereka di http://www.facebook.com/ads/mistakes.php (layak
dibaca). Anda dibatasi hingga 25 karakter sehingga Anda harus singkat dan to
the point. Pastikan itu menarik perhatian orang dan membantu mereka menyadari
mengapa mereka harus mengeklik iklan Anda.
Teks
isi memberi Anda lebih banyak karakter, 138, untuk menggambarkan produk yang
Anda promosikan dan menarik klik. Lihatlah iklan lain di Facebook dan itu akan
memberi Anda ide yang bagus tentang apa yang harus dimasukkan di sini.
Facebook memiliki
aturan ketat tentang apa yang Anda bisa dan tidak dapat beriklan jadi pastikan
Anda mengetahui apa yang mereka izinkan. Item berikut adalah yang dilarang dari
Facebook pada saat penulisan - periksa situs web mereka di
http://www.facebook.com/ad_guidelines.php/ untuk info terbaru.
- Iklan tidak boleh salah, menyesatkan, curang atau menipu.
- Iklan tidak akan diizinkan dalam kasus di mana model bisnis atau praktik dianggap tidak dapat diterima atau bertentangan dengan filosofi periklanan keseluruhan Facebook.
- Iklan, atau kategori iklan, yang menerima umpan balik pengguna negatif dalam jumlah yang signifikan atau sebaliknya dianggap melanggar standar komunitas tidak akan diizinkan.
- Iklan tidak boleh berisi, memfasilitasi, mempromosikan, atau merujuk hal-hal berikut:
a.
Bahasa yang ofensif, profan, vulgar,
tidak senonoh atau tidak pantas;
b.
Konten cabul, memfitnah, mencemarkan
nama dan / atau melanggar hukum;
c.
Produk tembakau;
d.
Amunisi, senjata api, senapan paintball,
senjata bb atau senjata jenis apa pun;
e.
Perjudian, termasuk tanpa batasan,
setiap kasino online, buku olahraga, bingo atau poker tanpa izin dari Facebook;
f.
Penipuan, aktivitas ilegal atau surat
berantai;
g.
Kontes dan undian kecuali diberi izin
oleh Facebook untuk melakukannya; jika izin diberikan, Anda tunduk pada pedoman
Promosi Facebook;
h.
Dapatkan peluang cepat kaya dan peluang
menghasilkan uang lainnya yang menawarkan kompensasi untuk sedikit atau tanpa
investasi, termasuk peluang "kerja dari rumah" yang diposisikan sebagai
alternatif untuk bekerja paruh waktu atau penuh waktu atau janji-janji
keuntungan moneter tanpa pamrih. ;
i.
Konten khusus dewasa, termasuk
ketelanjangan, istilah seksual dan / atau gambar orang-orang dalam posisi atau
kegiatan yang terlalu sugestif atau gambar seksual atau provokatif yang
melanggar standar komunitas;
j.
Pencari teman dewasa atau situs kencan
dengan penekanan seksual;
k.
Mainan dewasa, video, atau produk dewasa
lainnya;
l.
Produk farmasi tidak bersertifikat;
m. Kamera
mata-mata atau peralatan pengintai;
n.
Perguruan tinggi tidak terakreditasi
berbasis web yang menawarkan gelar;
o.
Konten religius yang meradang;
p.
Agenda politik agama dan / atau asosiasi
yang dikenal dengan kebencian, kegiatan kriminal dan / atau teroris;
q.
Konten yang mengeksploitasi agenda
politik atau menggunakan "tombol panas" masalah untuk penggunaan
komersial terlepas dari apakah pengiklan memiliki agenda politik;
r.
Perkataan yang mendorong kebencian, baik
diarahkan pada individu atau kelompok dan apakah berdasarkan ras, jenis
kelamin, keyakinan, asal kebangsaan, afiliasi keagamaan, status perkawinan,
orientasi seksual, identitas gender atau bahasa individu atau kelompok
tersebut;
s.
Konten yang mendukung terhadap
organisasi, orang, atau sekelompok orang, dengan pengecualian kandidat yang
mencalonkan diri untuk jabatan publik;
t.
Konten yang menggambarkan kondisi
kesehatan dengan cara yang merendahkan atau peradangan atau salah mengartikan
kondisi kesehatan dengan cara apa pun.
Akhirnya,
masukkan gambar yang sesuai dengan iklan. Ini perlu menjadi sesuatu yang
menarik perhatian mata saat mengomunikasikan tujuan iklan kepada pemirsa. Gambar
clip art yang tidak profesional sering terlihat bekerja sangat baik dengan
orang lain. Apa pun yang terlalu dipoles tampaknya membuat orang takut. Ada
banyak clipart dan situs foto saham di Internet yang dapat Anda gunakan.
Setelah Anda
menyelesaikan bagian ini, Anda klik Lanjutkan dan Anda dapat mulai menyelesaikan
bagian Penargetan. Bagian pertama dari ini adalah lokasinya:
Di sini Anda dapat memilih lokasi orang-orang
yang ingin Anda iklankan. Anda dapat memilih negara atau Anda dapat
mempersempitnya lebih lanjut ke negara bagian, provinsi atau kota. Ini adalah
fitur yang sangat kuat bagi siapa saja yang mengiklankan fitur offline, dan
menjalankan kampanye iklan Facebook untuk perusahaan offline adalah peluang
bisnis yang luar biasa. Banyak perusahaan offline akan membayar mahal untuk
beriklan ke khalayak yang ditargetkan. Ketika Anda terus melalui opsi dan
menargetkan iklan Anda, Anda akan disajikan dengan kotak yang menunjukkan
kepada Anda berapa banyak orang yang memenuhi kriteria Anda. Ini akan membantu
Anda memahami berapa banyak orang yang berpotensi melihat iklan Anda.
Selanjutnya Anda memilih demografi target pasar
Anda:
Disini
Anda dapat memilih Umur dan Jenis Kelamin. Anda juga dapat memilih untuk
menargetkan orang pada hari ulang tahun mereka, jika produk yang Anda
promosikan terkait dengan ulang tahun. Anda juga dapat menargetkan orang-orang
seperti minat mereka pada Pria atau Wanita dan hubungan mereka. Diatas itu Anda
dapat menargetkan mereka dengan bahasa yang mereka gunakan, memberikan Anda
kesempatan untuk mengiklankan kepada orang-orang diberbagai Negara.
Penargetan
demografis ini memberi Anda banyak fleksibilitas karena jika Anda mengetahui
demografi target pasar Anda maka Anda dapat menampilkan iklan kepada mereka.
Ini adalah penghemat uang yang sangat besar karena Anda dapat berfokus pada
orang-orang yang memiliki minat daripada orang-orang yang mungkin tidak
tertarik.
Akhirnya
Anda dapat menargetkan orang-orang dengan suka, Minat, Pendidikan dan Tempat
Kerja. Sekali lagi, ini memberi Anda beberapa peluang bagus untuk menargetkan
pasar Anda dengan lengkap dan fokus.
Selanjutnya Anda beralih ke biaya…
Disini
Anda dapat memilih berbagai mata uang dan memilih anggaran harian Anda. Ini
adalah bagian penting karena akan mempengaruhi berapa banyak klik yang Anda
dapatkan dan bayar. Seperti Adwords, tawarannya adalah seberapa banyak Anda
dapat membayar per klik, bukan seberapa banyak yang Anda bayarkan. Banyak klik
akan lebih murah daripada ini, tetapi Anda dapat membayar harga klik penuh
sesekali. Anda juga dapat menjalankan kampanye Anda pada tanggal tertentu jadi
jika Anda ingin menjalankan kampanye Anda pada hari-hari tertentu dalam
seminggu atau selama liburan, Anda dapat memilih opsi di sini.
Jika Anda memilih
"Setel tawaran yang berbeda (mode lanjutan)" maka Anda memiliki
beberapa opsi tambahan.
Disini
Anda dapat memilih untuk membayar per tayangan (yaitu dengan tampilan) atau
membayar per klik. Yang akan Anda gunakan terserah Anda tergantung pada apa
yang Anda iklankan. Anda juga dapat mengubah tawaran maksimum di sini jika Anda
memilih dan menyesuaikan tawaran Anda untuk mendapatkan klik lebih banyak atau
lebih sedikit. Ingat bahwa Anda perlu menetapkan anggaran harian dan memastikan
bahwa Anda mampu membayar pengeluaran dan mendapatkan laba atas investasi.
Periklanan Facebook
adalah metode ampuh untuk menjangkau audiens yang sangat ditargetkan dengan
iklan Anda. Ingat seperti semua iklan PPC, Anda perlu melacak hasil Anda dan
menguji berbagai iklan untuk mencapai tingkat klik-tayang maksimum dengan biaya
minimum.
TEKNIK LANJUTAN
Ketika
menggunakan Facebook, ada beberapa teknik lanjutan yang dapat Anda terapkan.
Ini akan memberi Anda kelebihan dan membiarkan Anda membawa Facebook ke level
berikutnya.
Teknik
pertama adalah menawarkan layanan kepada perusahaan offline yang membuatkan
fanpages untuk mereka dan mendapatkan penggemar. Ini dimonetisasi dengan
membebankan biaya untuk layanan awal dan kemudian membebankan biaya
pemeliharaan bulanan untuk menambahkan penggemar, memperbarui halaman, mempromosikannya,
dan sebagainya. Banyak perusahaan offline yang sadar akan Facebook dan memiliki
kesempatan untuk berhubungan dengan basis pelanggan mereka seperti ini sangat
berharga bagi mereka.
Teknik
lanjutan lain yang sangat berguna bagi Anda sebagai seorang pemasar adalah
menginstal aplikasi bernama Facebook Markup Language (FBML). Sekarang ini
mungkin terdengar rumit, tetapi ini adalah aplikasi yang sangat berguna untuk
Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan fan pages Anda dengan menambahkan kode kustom dan tab khusus ke
halaman.
Ini
berarti bahwa alih-alih hanya puas dengan tab default yang diberikan Facebook
untuk halaman, Anda malah dapat menambahkan tab baru dari desain Anda sendiri. Ini
sangat kuat karena tab ini dapat menampilkan HTML khusus sebagai bagian dari
halaman penggemar. Jadi Anda bisa memasukkan tab yang merupakan halaman untuk
membangun daftar Anda. Dengan halaman penggemar, Anda dapat mengatur ini untuk
menjadi halaman pertama orang mendarat, jika Anda ingin, sehingga Anda langsung
menyalurkan orang ke daftar autoresponder Anda.
FBML
memang memiliki banyak kegunaan lain dan bisa sangat berguna dalam menyesuaikan
halaman Facebook Anda dan membuat mereka terlihat profesional. Anda dapat
mendesain halaman Anda untuk secara khusus menarik bagi target pasar Anda. Facebook
Markup Language memberi Anda kesempatan untuk membuat halaman Anda di Facebook
terlihat sedikit berbeda dan menonjol. Ini berarti orang-orang akan menemukan
halaman Anda lebih menarik. Gabungkan ini dengan informasi yang unik dan
berguna dan Anda akan memiliki halaman Facebook yang akan bekerja dengan baik
untuk Anda.
Tentu
saja, mari kita ingatkan bahwa Facebook adalah jaringan utama untuk
bersosialisasi. Karena itu, penjualan tidak cenderung bekerja dengan sangat
baik. Jika Anda mengambil pendekatan pemasaran yang lembut dan fokus untuk
menyalurkan orang ke daftar Anda, maka Anda akan menemukan bahwa Facebook
menjadi pasar yang sangat kuat dan menguntungkan bagi Anda.
0 Response to "PANDUAN BERJUALAN DI FACEBOOK (FACEBOOK MARKETING)"
Posting Komentar