-->

11 HAL WAJIB UNTUK MENJADI RESELLER / DROPSHIPER SUKSES

hal wajib menjadi reseller


Era sekarang makin banyak yang berprofesi sebagai pebisnis online terutama reseller. Memang reseller punya kelebihan, yaitu tidak pusing untuk punya produk sendiri. Tinggal jual produk yang disediakan produsen/vendor, terus dapat income deh. Keren kan...!

Tapi, kencenderungannya seperti ini. Ada banyak reseller yang berhasil tembus income rutin, tapi tidak sedikit yang belum bisa menghasilkan income rutin. Padahal kalau diseriusi, berjualan sebagai reseller itu bisa sangat menjanjikan dan menghasilkan. Tinggal bisnisnya mau diseriusi apa tidak. Tidak usah jauh-jauh, at least tembus omzet minimal 10 juta perbulan saja deh. Ini angka psikologis supaya tembus income yang lumayan. Lantas bagaimana supaya bisa menghasilkan income rutin dari reseller? Okeh, mari kita pelajari tips dan caranya. Baca hingga tuntas!


baca buku


Hal Wajib Yang Harus Dilakukan Untuk Menjadi Reseller Sukses :

  1. KONSEP BERPIKIR
  2. MENTAL
  3. TIME MANAGEMENT
  4. MULTI LEADS
  5. MULTI LIST
  6. MULTI VENDOR
  7. MULTI FUNNELING
  8. MULTI REVENUE STREAM
  9. MANAJEMEN PROMO
  10. CREATE YOUR BUSINESS
  11. ATUR FOKUS


Mari kita bahas satu persatu!!!!

1. KONSEP BERPIKIR

Segala sesuatu dimulai dari konsep berpikir. Semua tindakan dipengaruhi oleh konsep berpikir. Kalau Anda berpikir bisa, pasti akan mendatangkan kemampuan. Jika Anda berpikir sulit, pasti akan mendatangkan kesukaran. So, Fokusnya adalah berpikir positif,

Jadi gini. Maksudnya jangan berpikir saya ga bisa, saya ga ada modal, saya gaptek, saya bla bla blaa. Kalau berpikirnya seperti ini, ini sama saja dengan langsung menutup diri. Enggan maju, enggan berkembang. Dan menolak doa sendiri. Termasuk ketika mau jadi reseller atau pebisnis online atau apapun itu.

Konsep berpikirnya adalah seperti ini. Meski masih newbie, jangan konsepnya mencap dirinya gaptek. Konsep berpikirnya sebaiknya begini,

"Karena masih newbie, saya harus belajar lebih banyak dari orang-orang yang lebih berpengalaman."

Ini konsep penting kalau mau berhasil. Pegang ini kalau mau tembus banyak income dari jualan sebagai reseller.

2. MENTAL

Tahukah Anda, penghambat terbesar seseorang untuk berhasil itu apa?
Jawabannya adalah Mental Negatif: Yaitu Selalu melihat segala sesuatu dari sisi buruknya.

Contoh:
  • Saya takut gagal
  • Saya takut ditolak
  • Saya ga bisa
  • 10jt/bulan? Ah ga mungkin
  • Dan lain sebagainya

Gara-gara mental diatas. Banyak yang merintis jualan online, baru mulai sebentar, langsung nyerah. Mentalnya bukan mental prajurit. Mental prajurit, ga akan nyerah meski ada rintangan. Mental ini nantinya mengantarkan Anda ke sebuah keyakinan bahwa tembus income jutaan dari reseller itu bukan hal yang mustahil. 10 juta per bulan dari reseller itu sudah banyak yang membuktikannya lho. Bahkan banyak reseller yang sudah mencapai lebih banyak.

Lalu gimana caranya?

Setelah konsep berpikir dibangun, dan mental kuat juga dibentuk, langkah berikutnya adalah mental untuk terus belajar.

3. TIME MANAGEMENT

Poin ini jarang dibahas di materi-materi selling. Padahal poin ini menjadi kendala dari banyak newbie atau reseller pemula yang belum juga tembus target.

Bahkan problem time management tidak hanya dihadapi saat menjalankan bisnis, melainkan saat mengadakan promo. Dan salah satu kunci keberhasilan seorang reseller adalah kemampuannya membagi waktu dengan baik. Ga masalah dia masih mahasiswa, ga masalah masih kerja kantoran atau karena urus anak. Kalau punya manajemen waktu yang baik, insya Allah bisa berhasil.

Manajemen waktu! Kalau punya format time management yang baik, pasti jualannya juga bisa kenceng. Lalu gimana caranya?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Salah satunya membuat jadwal sistematis, dengan kertas fisik atau file excel. Buat list terjadwal, tersusun berdasarkan jadwal yang sudah berjalan dan jadwal jualan.

4. MULTI LEADS

Leads adalah calon prospek/calon pembeli. Contohnya seperti teman FB kita, IG, WA, Telegram, dan lain-lain. Dan kalau mau tembus omzet 10 juta perbulan ada hal penting yang kita harus lakukan. Yaitu menerapkan strategi multi leads.

Apa itu multi leads?
Multi leads adalah menerapkan strategi membangun kolam prospek lebih dari satu. Tujuannya adalah agar menjaring calon pembeli lebih banyak. Yang belum tau apa itu kolam prospek, saya kasih contoh.

Lebih mudah mana dapat ikannya, mancing di danau atau mancing di kolam yang kita buat sendiri? Yang ikannya kita bibit sendiri, rawat sendiri, sampai akhirnya mancing atau panen sendiri.

Tentu yang kedua.

Contoh:
Perbesar leads di FB grup, juga perbesar leads di FB pribadi. Isi teman FB dengan target market. Juga perbesar leads di Telegram. Bahkan kita bisa punya multi akun di FB atau Telegram Channel. Tujuannya supaya kesempatan menjaring calon prospek lebih besar.

Konsep multi leads ini banyak diterapkan oleh para mastah dan pebisnis senior yang omzetnya gila-gilaan.

5. MULTI LIST

Multi list konsepnya seperti multi leads. Tapi bedanya kalau leads masih bersifat kolam prospek. Kalau list building sudah bersifat database kontak kita.

Lalu apa yang harus kita lakukan?

Untuk bisa tembus banyak closing, tidak hanya perlu memperbesar list (database kontak) melainkan juga harus punya list building banyak (alias multi list). Konsep multi list ini nantinya akan menjadi multi database kontak.

Bayangkan kalau kita punya database seperti ini: 
  • 2000 kontak database dari WA
  • 2000 kontak database dari FB
  • 1000 kontak database dari telegram channel
  • 500 database pembeli
  • 500 kontak emak-emak
  • 200 database reseller
  • Dan lain-lain

Ketahuan kan! Misalnya di WA cocoknya jualan apa. Di FB cocok jualan apa, dan lain sebagainya. Contoh diatas adalah ilustrasi dari multi list. Artinya kita wajib mengumpulkan banyak database kontak. Tapi diatas konsepnya seperti angka minimal yang wajib Anda kumpulkan supaya bisa tembus banyak closing.

Gimana cara dapatnya?

Lakukan konsep funnel dan lead magnet. Berikan edukasi rutin. Bahkan semua database pembeli harus kita simpan. Mau bagaimanapun mereka akan menjadi pembeli potensial kedepannya.

Ingat! Konsistensi bisa mengalahkan bakat yang ditunggangi keangkuhan. Misalnya angkuh karena sudah merasa jago, akhirnya kalah sama yang konsisten belajar. 

6. MULTI VENDOR

Apa itu muti vendor?

Multi vendor adalah satu konsep dimana seorang reseller tidak saja berjualan satu produk/satu vendor. Melainkan berjualan dari beberapa sumber vendor (produsen)

"Tapi nanti jadi ga fokus donk jualannya?"

Konsepnya seperti ini. Kalau masih pemula, perlu fokus. Tapi kalau sudah mulai membesar, perlahan mulai diversifikasi produk. Tujuannya agar nantinya revenue stream (pipa penghasilannya) bisa terus bertambah.

Konsep multi vendor ini perlu diterapkan dengan satu target untuk bisa tembus omzet minimal 10 jt per bulan. Setelah itu target per setiap produk/vendor nantinya perlu disusun target per targetnya, supaya bisa tembus target lebih mudah. Sehingga awalnya kita baru reseller, tapi perlahan-lahan menjadi pebisnis online yang memiliki beragam produk.

7. MULTI FUNNELING

Konsep multi funneling ini bertujuan untuk mensukseskan setiap promo yang diadakan. Apa itu funneling?

Funneling adalah corong penjualan yang dibuat untuk menghasilkan banyak closing di waktu tertentu dengan konsep mulai dari menambah leads, perbesar list building, mempersiapkan copywriting hingga cara closingnya.

Kenapa harus multi funneling?

Karena untuk bisa tembus omzet minimal 10 jt dari reseller. Kita perlu membuat beberapa revenue stream dari beberapa sumber funnel penjualan. Nantinya dengan konsep multi funneling ini, hasil closingnya akan makin besar. Bahkan tidak hanya makin besar, melainkan setiap kesempatan bakal terus menerus terjadi closing.

8. MULTI REVENUE STREAM

Apa itu multi revenue stream?

Simpelnya konsep ini adalah suatu pipa penghasilan. Berbicara tentang pipa penghasilan, kita perlu memastikan bahwa pipa penghasilan (revenue stream) kita bisa menghasilkan rutin. Namun dalam bisnis online, seringkali sumber pipa penghasilan kadang ada yang besar kadang ada yang tidak besar. Kadang lagi rame penjualannya, kadang ada yang tidak.

Lalu bagaimana solusinya?

Solusinya adalah buatlah sumber pipa penghasilan (revenue stream) lebih dari satu. Dengan tujuan, jika kita punya lebih dari satu, misalya 3 saja. Maka sumber total income kita akan jadi lebih besar. Dan kesempatan closing jg ikut lebih besar.

9. MANAJEMEN PROMO

Kalau sebelumnya kita berbicara tentang multi vendor, multi revenue stream. Maka kesimpulannya kita akan membuat beberapa promo yang berbeda di waktu yang relatif bersamaan. Atau jika tidak bersamaan mungkin kadang akan berdekatan.

Lalu bagaimana solusinya?

Solusinya, kita harus membuat sebuah promotion plan. Promotion plan bertujuan untuk memanage setiap promo yang akan dilakukan. Mulai dari penggunaan leads kolam prospek. 
  • Kapan harus promo?
  • Harus menggunakan database yang mana?
  • Bagaimana proses promo?
  • Menggunakan promo apa?

Intinya proses promo yang dilakukan harus di manage sedemikian rupa. Sehingga meski dalam 1 waktu akan ada beberapa promo jualan. Kita tetap bisa menghasilkan penjualan optimal. Terutama untuk bisa tembus target omzet minimal 10 jt perbulan. Karena kita memanage proses promo yang berjalan. Oleh sebab itu namanya manajemen promo.

10. CREATE YOUR BUSINESS

Setelah Anda sudah menerapkan hal-hal diatas. Terutama multi vendor, multi revenue stream hingga managemen promo, maka pada dasarnya teman-teman sedang membuat bisnis. Proses bisnis berjalan menjadi tersistem dan tidak asal jualan. Bahkan proses jualannya disesuaikan berdasarkan rencana yang sudah dibuat. Proses ini mirip seperti merencanakan bisnis sendiri. Bahkan meski masih reseller dengan produk orang lain, bukan berarti kita tidak sedang menjalankan bisnis sendiri. Karena pada dasarnya bisnis bukan berbicara tentang jualan produk sendiri atau orang lain. Melainkan bagaimana membuat proses jualan dan bisnis itu bisa tersistem dan terencana dengan baik. Plus tentunya harus bisa menghasilkan rutin.
  

11. ATUR FOKUS

Poin ini penting sekali, terutama untuk kita yang ingin tembus omzet minimal 10jt perbulan.

Kenapa penting?

Karena permasalahannya seperti ini. Seringkali yang membuat banyak reseller ga bisa menghasilkan income rutin, karena masih kesulitan atur fokus. Fokus ini bukan tentang fokus bisnis. Fokus disini berbicara tentang fokus untuk mengejar target yang sudah dibuat, fokus untuk bisa tembus omzet minimal 10jt perbulan dari jualan online terutama sebagai reseller.

Bagaimana melakukannya?

Kita perlu membuat konsep 4DX (4 disipline execution). Ini adalah konsep menjalankan fokus eksekusi supaya apapun yang kita rencanakan pasti terwujud

Apa saja yang harus dilakukan dengan 4DX?!

Berikut detailnya:

4DX terdiri dari 4 disiplin penting yang harus dilakukan, mulai dari disiplin membuat goal yang memaksa, disiplin membuat strategi yang tepat guna, disiplin memonitor progress serta disiplin untuk cek pengukuran dengan sistem kontrol yang ketat.

Detailnya agak lumayan panjang, tapi kalau kita kuasai, hasilnya bakal ngeri banget. Apapun yang kita rencanakan, bisa lebih mudah terwujud dengan konsep 4DX ini. Ingat targetnya adalah untuk tembus minimal 10jt perbulan. Dan ternyata perusahaan besarpun memakai 4DX.


Semua teori diatas tidak akan berguna jika kita tidak konsisten belajar dan praktek.

0 Response to "11 HAL WAJIB UNTUK MENJADI RESELLER / DROPSHIPER SUKSES"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel