11 HAL WAJIB UNTUK MENJADI RESELLER / DROPSHIPER SUKSES
Era sekarang makin banyak yang
berprofesi sebagai pebisnis online terutama reseller. Memang reseller punya
kelebihan, yaitu tidak pusing untuk punya produk sendiri. Tinggal jual produk
yang disediakan produsen/vendor, terus dapat income deh. Keren kan...!
Tapi, kencenderungannya
seperti ini. Ada banyak reseller yang berhasil tembus income rutin, tapi tidak
sedikit yang belum bisa menghasilkan income rutin. Padahal kalau diseriusi,
berjualan sebagai reseller itu bisa sangat menjanjikan dan menghasilkan.
Tinggal bisnisnya mau diseriusi apa tidak. Tidak usah jauh-jauh, at least
tembus omzet minimal 10 juta perbulan saja deh. Ini angka psikologis supaya
tembus income yang lumayan. Lantas bagaimana supaya bisa menghasilkan income
rutin dari reseller? Okeh, mari kita pelajari tips dan caranya. Baca hingga tuntas!
Hal Wajib Yang Harus Dilakukan Untuk Menjadi Reseller Sukses :
- KONSEP BERPIKIR
- MENTAL
- TIME MANAGEMENT
- MULTI LEADS
- MULTI LIST
- MULTI VENDOR
- MULTI FUNNELING
- MULTI REVENUE STREAM
- MANAJEMEN PROMO
- CREATE YOUR BUSINESS
- ATUR FOKUS
Mari kita bahas satu persatu!!!!
1. KONSEP BERPIKIR
Segala sesuatu dimulai dari konsep
berpikir. Semua tindakan dipengaruhi oleh konsep berpikir. Kalau Anda berpikir
bisa, pasti akan mendatangkan kemampuan. Jika Anda berpikir sulit, pasti akan
mendatangkan kesukaran. So, Fokusnya adalah berpikir positif,
Jadi gini. Maksudnya jangan berpikir
saya ga bisa, saya ga ada modal, saya gaptek, saya bla bla blaa. Kalau
berpikirnya seperti ini, ini sama saja dengan langsung menutup diri. Enggan
maju, enggan berkembang. Dan menolak doa sendiri. Termasuk ketika mau jadi
reseller atau pebisnis online atau apapun itu.
Konsep berpikirnya adalah seperti ini.
Meski masih newbie, jangan konsepnya mencap dirinya gaptek. Konsep berpikirnya
sebaiknya begini,
"Karena
masih newbie, saya harus belajar lebih banyak dari orang-orang yang lebih
berpengalaman."
Ini konsep penting kalau mau berhasil.
Pegang ini kalau mau tembus banyak income dari jualan sebagai reseller.
2. MENTAL
Tahukah Anda, penghambat terbesar
seseorang untuk berhasil itu apa?
Jawabannya adalah Mental Negatif: Yaitu
Selalu melihat segala sesuatu dari sisi buruknya.
Contoh:
- Saya takut gagal
- Saya takut ditolak
- Saya ga bisa
- 10jt/bulan? Ah ga mungkin
- Dan lain sebagainya
Gara-gara mental diatas. Banyak yang
merintis jualan online, baru mulai sebentar, langsung nyerah. Mentalnya bukan
mental prajurit. Mental prajurit, ga akan nyerah meski ada rintangan. Mental
ini nantinya mengantarkan Anda ke sebuah keyakinan bahwa tembus income jutaan
dari reseller itu bukan hal yang mustahil. 10 juta per bulan dari reseller itu
sudah banyak yang membuktikannya lho. Bahkan banyak reseller yang sudah mencapai
lebih banyak.
Lalu gimana caranya?
Setelah konsep berpikir dibangun, dan
mental kuat juga dibentuk, langkah berikutnya adalah mental untuk terus belajar.
3. TIME MANAGEMENT
Poin ini jarang dibahas di materi-materi
selling. Padahal poin ini menjadi kendala dari banyak newbie atau reseller
pemula yang belum juga tembus target.
Bahkan problem time management tidak
hanya dihadapi saat menjalankan bisnis, melainkan saat mengadakan promo. Dan
salah satu kunci keberhasilan seorang reseller adalah kemampuannya membagi
waktu dengan baik. Ga masalah dia masih mahasiswa, ga masalah masih kerja
kantoran atau karena urus anak. Kalau punya manajemen waktu yang baik, insya
Allah bisa berhasil.
Manajemen waktu! Kalau punya format time
management yang baik, pasti jualannya juga bisa kenceng. Lalu gimana caranya?
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan.
Salah satunya membuat jadwal sistematis, dengan kertas fisik atau file excel.
Buat list terjadwal, tersusun berdasarkan jadwal yang sudah berjalan dan jadwal
jualan.
4. MULTI LEADS
Leads adalah calon prospek/calon pembeli.
Contohnya seperti teman FB kita, IG, WA, Telegram, dan lain-lain. Dan kalau mau tembus
omzet 10 juta perbulan ada hal penting yang kita harus lakukan. Yaitu
menerapkan strategi multi leads.
Apa itu multi leads?
Multi leads adalah menerapkan strategi
membangun kolam prospek lebih dari satu. Tujuannya adalah agar menjaring calon
pembeli lebih banyak. Yang belum tau apa itu kolam prospek, saya kasih contoh.
Lebih mudah mana dapat ikannya, mancing
di danau atau mancing di kolam yang kita buat sendiri? Yang ikannya kita bibit
sendiri, rawat sendiri, sampai akhirnya mancing atau panen sendiri.
Tentu yang kedua.
Contoh:
Perbesar leads di FB grup, juga perbesar
leads di FB pribadi. Isi teman FB dengan target market. Juga perbesar leads di
Telegram. Bahkan kita bisa punya multi akun di FB atau Telegram Channel.
Tujuannya supaya kesempatan menjaring calon prospek lebih besar.
Konsep multi leads ini banyak diterapkan
oleh para mastah dan pebisnis senior yang omzetnya gila-gilaan.
5. MULTI LIST
Multi list konsepnya seperti multi
leads. Tapi bedanya kalau leads masih bersifat kolam prospek. Kalau list
building sudah bersifat database kontak kita.
Lalu apa yang harus kita lakukan?
Untuk bisa tembus banyak closing, tidak
hanya perlu memperbesar list (database kontak) melainkan juga harus punya list
building banyak (alias multi list). Konsep multi list ini nantinya akan menjadi
multi database kontak.
Bayangkan kalau kita punya database
seperti ini:
- 2000 kontak database dari WA
- 2000 kontak database dari FB
- 1000 kontak database dari telegram channel
- 500 database pembeli
- 500 kontak emak-emak
- 200 database reseller
- Dan lain-lain
Ketahuan kan! Misalnya di WA cocoknya
jualan apa. Di FB cocok jualan apa, dan lain sebagainya. Contoh diatas adalah ilustrasi dari
multi list. Artinya kita wajib mengumpulkan banyak database kontak. Tapi diatas
konsepnya seperti angka minimal yang wajib Anda kumpulkan supaya bisa tembus
banyak closing.
Gimana cara dapatnya?
Lakukan konsep funnel dan lead magnet.
Berikan edukasi rutin. Bahkan semua database pembeli harus kita simpan. Mau
bagaimanapun mereka akan menjadi pembeli potensial kedepannya.
Ingat! Konsistensi bisa mengalahkan
bakat yang ditunggangi keangkuhan. Misalnya angkuh karena sudah merasa jago,
akhirnya kalah sama yang konsisten belajar.
6. MULTI VENDOR
Apa itu muti vendor?
Multi vendor adalah satu konsep dimana
seorang reseller tidak saja berjualan satu produk/satu vendor. Melainkan
berjualan dari beberapa sumber vendor (produsen)
"Tapi nanti jadi ga fokus donk
jualannya?"
Konsepnya seperti ini. Kalau masih
pemula, perlu fokus. Tapi kalau sudah mulai membesar, perlahan mulai
diversifikasi produk. Tujuannya agar nantinya revenue stream (pipa
penghasilannya) bisa terus bertambah.
Konsep multi vendor ini perlu diterapkan
dengan satu target untuk bisa tembus omzet minimal 10 jt per bulan. Setelah itu
target per setiap produk/vendor nantinya perlu disusun target per targetnya,
supaya bisa tembus target lebih mudah. Sehingga awalnya kita baru reseller,
tapi perlahan-lahan menjadi pebisnis online yang memiliki beragam produk.
7. MULTI FUNNELING
Konsep multi funneling ini bertujuan
untuk mensukseskan setiap promo yang diadakan. Apa itu funneling?
Funneling adalah corong penjualan yang
dibuat untuk menghasilkan banyak closing di waktu tertentu dengan konsep mulai
dari menambah leads, perbesar list building, mempersiapkan copywriting hingga
cara closingnya.
Kenapa harus multi funneling?
Karena untuk bisa tembus omzet minimal
10 jt dari reseller. Kita perlu membuat beberapa revenue stream dari beberapa
sumber funnel penjualan. Nantinya dengan konsep multi funneling ini, hasil
closingnya akan makin besar. Bahkan tidak hanya makin besar, melainkan setiap
kesempatan bakal terus menerus terjadi closing.
8. MULTI REVENUE STREAM
Apa itu multi revenue stream?
Simpelnya konsep ini adalah suatu pipa
penghasilan. Berbicara tentang pipa penghasilan, kita perlu memastikan bahwa
pipa penghasilan (revenue stream) kita bisa menghasilkan rutin. Namun dalam
bisnis online, seringkali sumber pipa penghasilan kadang ada yang besar kadang
ada yang tidak besar. Kadang lagi rame penjualannya, kadang ada yang tidak.
Lalu bagaimana solusinya?
Solusinya adalah buatlah sumber pipa
penghasilan (revenue stream) lebih dari satu. Dengan tujuan, jika kita punya
lebih dari satu, misalya 3 saja. Maka sumber total income kita akan jadi lebih
besar. Dan kesempatan closing jg ikut lebih besar.
9. MANAJEMEN PROMO
Kalau sebelumnya kita berbicara tentang
multi vendor, multi revenue stream. Maka kesimpulannya kita akan membuat
beberapa promo yang berbeda di waktu yang relatif bersamaan. Atau jika tidak
bersamaan mungkin kadang akan berdekatan.
Lalu bagaimana solusinya?
Solusinya, kita harus membuat sebuah
promotion plan. Promotion plan bertujuan untuk memanage setiap promo yang akan
dilakukan. Mulai dari penggunaan leads kolam prospek.
- Kapan harus promo?
- Harus menggunakan database yang mana?
- Bagaimana proses promo?
- Menggunakan promo apa?
Intinya proses promo yang dilakukan
harus di manage sedemikian rupa. Sehingga meski dalam 1 waktu akan ada beberapa
promo jualan. Kita tetap bisa menghasilkan penjualan optimal. Terutama untuk
bisa tembus target omzet minimal 10 jt perbulan. Karena kita memanage proses
promo yang berjalan. Oleh sebab itu namanya manajemen promo.
10. CREATE YOUR BUSINESS
Setelah Anda sudah menerapkan hal-hal
diatas. Terutama multi vendor, multi revenue stream hingga managemen promo, maka
pada dasarnya teman-teman sedang membuat bisnis. Proses bisnis berjalan menjadi
tersistem dan tidak asal jualan. Bahkan proses jualannya disesuaikan
berdasarkan rencana yang sudah dibuat. Proses ini mirip seperti merencanakan
bisnis sendiri. Bahkan meski masih reseller dengan produk orang lain, bukan
berarti kita tidak sedang menjalankan bisnis sendiri. Karena pada dasarnya
bisnis bukan berbicara tentang jualan produk sendiri atau orang lain. Melainkan
bagaimana membuat proses jualan dan bisnis itu bisa tersistem dan terencana
dengan baik. Plus tentunya harus bisa menghasilkan rutin.
11. ATUR FOKUS
Poin ini penting sekali, terutama untuk kita
yang ingin tembus omzet minimal 10jt perbulan.
Kenapa penting?
Karena permasalahannya seperti ini. Seringkali
yang membuat banyak reseller ga bisa menghasilkan income rutin, karena masih
kesulitan atur fokus. Fokus ini bukan tentang fokus bisnis. Fokus disini
berbicara tentang fokus untuk mengejar target yang sudah dibuat, fokus untuk
bisa tembus omzet minimal 10jt perbulan dari jualan online terutama sebagai
reseller.
Bagaimana melakukannya?
Kita perlu membuat konsep 4DX (4
disipline execution). Ini adalah konsep menjalankan fokus eksekusi supaya
apapun yang kita rencanakan pasti terwujud
Apa saja yang harus dilakukan dengan
4DX?!
Berikut detailnya:
4DX terdiri dari 4 disiplin penting yang
harus dilakukan, mulai dari disiplin membuat goal yang memaksa, disiplin
membuat strategi yang tepat guna, disiplin memonitor progress serta disiplin
untuk cek pengukuran dengan sistem kontrol yang ketat.
Detailnya agak lumayan panjang, tapi kalau
kita kuasai, hasilnya bakal ngeri banget. Apapun yang kita rencanakan, bisa
lebih mudah terwujud dengan konsep 4DX ini. Ingat targetnya adalah untuk tembus
minimal 10jt perbulan. Dan ternyata perusahaan besarpun memakai 4DX.
Semua teori diatas tidak akan berguna
jika kita tidak konsisten belajar dan praktek.
0 Response to "11 HAL WAJIB UNTUK MENJADI RESELLER / DROPSHIPER SUKSES"
Posting Komentar