-->

SEJARAH FACEBOOK DAN LIVE STREAMING

FACEBOOK HISTORY

Darimana asalnya streaming langsung? Apa tepatnya itu? Dan mengapa Facebook terlibat? Sebelum kita menyelami seluk beluknya dan diskusikan cara memulai dan caranya untuk membuat konten, mari kita mundur sedikit dan membahas beberapa sejarah streaming dan Facebook.

Apa itu Streaming Langsung dan Mengapa Penting?

Seperti namanya, ‘streaming langsung’ berarti Anda sedang merekam video secara langsung. Jadi daripada membuat konten menggunakan kamera, mengeditnya dan kemudian mengunggahnya ke YouTube, Anda lebih baik melakukan streaming langsung. Ini adalah rekaman mentah, disiarkan langsung dan itu luar biasa menarik.

Biasanya, streaming langsung akan dilakukan melalui aplikasi. Untuk melakukan ini, Anda cukup menginstal aplikasi tertentu pada smartphone Anda (seperti Meerkat atau Periscope). Anda boleh juga mengatur beberapa detail tentang sifat dari video, memberinya nama, gambar dan / atau deskripsi sederhana.

Dari sana, Anda kemudian merekam dengan kamera di ponsel Anda dan siapapun dapat menonton dari seluruh dunia yang masuk. Ada juga plugin untuk situs web Anda (jika Anda menggunakan WordPress). Jadi apa itu tentang jenis konten yang membuatnya begitu unik dan begitu efektif?

Banyak orang telah menggambarkannya sebagai hal yang paling dekat untuk diterapkan. Jika Anda memuat Periscope misalnya, maka Anda dapat melihat peta yang ditampilkan dimana semua feed berasal dan kemudian cukup pilih yang mana Anda ingin melihat. Ini adalah pengalaman yang sangat nyata. Anda sekarang dapat melihat dunia melalui mata mereka, seperti yang terjadi. Bayangkan bisa menonton konser langsung, acara komedi atau pesta yang tidak dapat Anda hadiri!

Dan bayangkan bagaimana ini dapat memengaruhi peristiwa dunia setelah bentuk konten ini benar-benar dipublikasikan! Bayangkan jika ada tsunami atau topan dan jika Anda kemudian bisa melihat peristiwa yang terjadi dari berbagai sudut pandang di sekitarnya sekaligus.

Bagi pemasar ini juga sangat besar. Ada sesuatu yang ditemukan pemirsa sangat menarik tentang menonton sesuatu yang langsung dan ini juga memberi mereka kemampuan untuk mengajukan pertanyaan, berdiskusi dan mendapatkan jawaban secara langsung.

Bayangkan meninjau produk yang Anda buat selama live streaming. Anda bisa membangun audiens yang sangat besar dan pada saat yang sama menjawab pertanyaan yang muncul dan bahkan memamerkan aspek lain dari produk Anda.

Banyak pemasar juga melakukan streaming langsung secara teratur: menjalani siaran langsung, berdiskusi dengan pemirsa tentang secangkir kopi pagi mereka atau hal menarik lainnya. Ini memungkinkan membangun relasi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dapat membantu Anda membangun lebih dekat hubungan dengan audiens Anda dan menciptakan lebih banyak komunikasi.

Ini adalah alasan orang-orang bersemangat tentang konten online langsung dan ada banyak aplikasi dan penggunaan potensial lainnya untuk jenis konten ini. Bayangkan bisa melihat restoran hidup, tepat pada saat itu sebelum Anda memesan meja. Atau bayangkan bisa melihat di balik layar sementara acara TV favorit Anda.

Sejarah Live Streaming Sejauh Ini

Sebelum keterlibatan Facebook, kebanyakan orang menganggap Periscope sebagai aplikasi populer untuk live streaming. Padahal aplikasi Meerkat yang pertama kali membuat live streaming. Dan saat itu, tidak ada yang pernah mendengar Periscope.



Meerkat menarik banyak perhatian dengan sangat cepat lalu saat pertama kali diumumkan pada Maret 2015. Sejak saat itu, berhasil menciptakan peningkatan jumlah buzz dan mengumpulkan perhatian media. Ironisnya, Meerkat juga bekerja sangat erat bersama Twitter, yang benar-benar membantu memberikannya ketenaran. Saat itu, Meerkat dikenal sebagai 'AIR' dan kemudian di 'Yevvo'.

Tapi segera Twitter akan memutuskan bahwa tidak hanya mendukung Meerkat. Periskop menjadi terkenal dengan Twitter di baliknya. Periscope sangat cepat membuktikan bahwa ada audiens yang sangat besar dan berpotensi untuk jenis konten ini dan itu tidak diragukan lagi apa yang menggelitik minat Facebook - jaringan media sosial besar 'lainnya'.

Sejarah Facebook Sejauh Ini

Bagaimana dengan sejarah Facebook itu sendiri? Kebanyakan orang tahu sedikit tentang sejarah Facebook berkat film sukses The Social Network. Meskipun menjadi film yang bagus, banyak fakta yang disajikan tidak akurat dan ceritanya hanya berdasarkan peristiwa nyata.

Seperti yang ditunjukkan dalam film, Facebook adalah ciptaan Mark Zuckerberg yang sedang belajar di Harvard pada saat itu. Juga seperti yang ditunjukkan dalam film, Mark sebelumnya telah mengalami beberapa keberhasilan dan kontroversi.

Dalam film, Mark ditampilkan sebagai seorang yang canggung dan menggunakan Facebook sebagai sarana untuk mencoba dan masuk perguruan tinggi. Meskipun demikian, Mark sudah berkencan dengan istrinya yang sekarang Priscilla Chan ketika dia muncul dengan jejaring sosialnya! Dan yang agak akurat adalah penggambaran kemitraan Mark dengan teman sekamar dan kolega Eduardo Saverin. Juga benar bahwa Mark menghadapi tuntutan hukum dari Winklevoss dan teman mereka Divya Narenda.

Namun, sangat tidak mungkin Mark benar-benar terinspirasi dari trio tersebut saat membuat Facebook. Padahal, sudah menjadi pengetahuan umum pada saat itu Harvard bekerja di jaringan sosial mereka sendiri tetapi mereka mengambilnya waktu yang lama untuk menyelesaikan proyek. Mark mendiskusikan hal ini secara terbuka dengan Harvard Crimson dan tampaknya lebih mungkin bahwa ini adalah kompetisi dia lebih fokus pada:

“Jelas bahwa teknologi yang dibutuhkan untuk membuat situs web terpusat sudah siap tersedia ... manfaatnya banyak.
“Semua orang berbicara banyak tentang facebook secara umum di Harvard. Saya pikir itu agak konyol bahwa itu akan butuh beberapa tahun bagi universitas untuk menjelajahinya, karena saya bisa melakukannya lebih baik daripada yang mereka bisa, dan saya bisa melakukannya dalam seminggu.”

Setelah membuat Facebook dengan aksen warna biru (karena kebutaan warna Mark) dia tempatkan itu di daftar email Kirkland House, yang memiliki 300 pelanggan. Pada akhir malam pertama, situs ini sudah memiliki antara 1.200-1.500 anggota baru.

Awalnya, Facebook hanya tersedia untuk siswa Harvard tetapi secara bertahap akan diluncurkan di perguruan tinggi lain sebelum dibuka untuk umum. Di tahun 2004, Facebook diperluas untuk memasukkan Stanford, Columbia dan Yale dan dari disana terus tumbuh.

Selama bertahun-tahun berikutnya, Facebook akan terus menambahkan banyak hal baru, fitur tambahan yang saat ini dianggap sebagai bagian inti dari platform. Misalnya, baru pada tahun 2006 perusahaan memperkenalkan 'Berita' Umpan 'yang awalnya menerima beberapa reaksi.

Dan baru pada tahun 2010 kami melihat pengenalan tombol ‘Sukai’. Ini juga tahun dimana Pesan Facebook diperkenalkan.

Saat ini, Facebook memiliki lebih banyak pengguna aktif di dunia. Bahkan, per September 2015, 1,01 miliar orang masuk ke situs setiap hari. Ada lebih dari 1,39 miliar pengguna di Facebook seluler, sedangkan tombol suka dan bagikan mendapatkan lebih dari 10 juta tampilan tiap hari di situs web lain. Ada lebih dari 300 juta foto yang diunggah setiap hari dan rata-rata orang Amerika akan menghabiskan 40 menit sehari.

Tetapi dampak dari Facebook bahkan tidak dapat secara akurat ditangkap oleh data diatas yang diakui mengesankan. Facebook telah menjadi lebih dari sekadar hanya jaringan sosial dan hari ini dapat dianggap sebagai bagian integral dari kehidupan modern. Banyak istilah seperti ‘friend me’ dan ‘like’ telah ditambahkan pada kosakata umum dan Facebook bahkan memiliki dampak pada cara kita bersosialisasi dan psikologi kami lebih luas. Ini bukan hanya alat, ini adalah sesuatu yang secara mendasar mengubah interaksi manusia.

Akuisisi, Pengembangan, dan Streaming Langsung

Dalam konteks inilah kita perlu melihat minat terhadap Facebook streaming dan perpindahannya ke area ini. Untuk alat yang benar-benar telah diubah cara kita berkomunikasi dan cara kita tetap berhubungan, streaming langsung masuk akal di dunia.

Facebook memungkinkan kami untuk berbagi pengalaman kami dengan orang-orang di seluruh dunia dengan mengunggah foto dan menulis komentar. Tapi sekarang sudah selangkah lebih jauh dari itu dengan membiarkan kita berbagi momen dan kenangan itu bersama orang-orang.

Dan mengingat miliaran pengguna harian, tidak ada perusahaan di dunia yang cukup baik untuk benar-benar menyudutkan pasar ini.


4 Responses to "SEJARAH FACEBOOK DAN LIVE STREAMING"

  1. Keren postingannya bang hahaha

    BalasHapus
  2. terima kasih. ini hanya beberapa ulasan dari dunia maya

    BalasHapus
  3. Facebook, siapa yang ga tau dengannya.. Tapi sejarahnya mungkin sedikit yang tau dan artikel ini pun ikut menjelaskannya :)

    Nice info....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini hanya beberapa ulasan tentang fb. masih banyak info menarik lainnya yg belum dituangkan disini.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel