SEJARAH FACEBOOK DAN LIVE STREAMING
Darimana asalnya streaming langsung? Apa tepatnya itu? Dan mengapa Facebook
terlibat? Sebelum kita menyelami seluk beluknya dan diskusikan cara memulai dan
caranya untuk membuat konten, mari kita mundur sedikit dan membahas beberapa sejarah
streaming dan Facebook.
Apa itu Streaming Langsung dan
Mengapa Penting?
Seperti
namanya, ‘streaming langsung’ berarti Anda sedang merekam video secara
langsung. Jadi daripada membuat konten menggunakan kamera, mengeditnya dan
kemudian mengunggahnya ke YouTube, Anda lebih baik melakukan streaming
langsung. Ini adalah rekaman mentah, disiarkan langsung dan itu luar biasa menarik.
Biasanya,
streaming langsung akan dilakukan melalui aplikasi. Untuk melakukan ini, Anda
cukup menginstal aplikasi tertentu pada smartphone Anda (seperti Meerkat atau
Periscope). Anda boleh juga mengatur beberapa detail tentang sifat dari video,
memberinya nama, gambar dan / atau deskripsi sederhana.
Dari
sana, Anda kemudian merekam dengan kamera di ponsel Anda dan siapapun dapat
menonton dari seluruh dunia yang masuk. Ada juga plugin untuk situs web Anda
(jika Anda menggunakan WordPress). Jadi apa itu tentang jenis konten yang
membuatnya begitu unik dan begitu efektif?
Banyak
orang telah menggambarkannya sebagai hal yang paling dekat untuk diterapkan.
Jika Anda memuat Periscope misalnya, maka Anda dapat melihat peta yang
ditampilkan dimana semua feed berasal dan kemudian cukup pilih yang mana Anda ingin
melihat. Ini adalah pengalaman yang sangat nyata. Anda sekarang dapat melihat dunia
melalui mata mereka, seperti yang terjadi. Bayangkan bisa menonton konser
langsung, acara komedi atau pesta yang tidak dapat Anda hadiri!
Dan
bayangkan bagaimana ini dapat memengaruhi peristiwa dunia setelah bentuk konten
ini benar-benar dipublikasikan! Bayangkan jika ada tsunami atau topan dan jika
Anda kemudian bisa melihat peristiwa yang terjadi dari berbagai sudut pandang
di sekitarnya sekaligus.
Bagi
pemasar ini juga sangat besar. Ada sesuatu yang ditemukan pemirsa sangat
menarik tentang menonton sesuatu yang langsung dan ini juga memberi mereka kemampuan
untuk mengajukan pertanyaan, berdiskusi dan mendapatkan jawaban secara
langsung.
Bayangkan
meninjau produk yang Anda buat selama live streaming. Anda bisa membangun
audiens yang sangat besar dan pada saat yang sama menjawab pertanyaan yang
muncul dan bahkan memamerkan aspek lain dari produk Anda.
Banyak
pemasar juga melakukan streaming langsung secara teratur: menjalani siaran
langsung, berdiskusi dengan pemirsa tentang secangkir kopi pagi mereka atau hal
menarik lainnya. Ini memungkinkan membangun relasi yang belum pernah terjadi
sebelumnya yang dapat membantu Anda membangun lebih dekat hubungan dengan
audiens Anda dan menciptakan lebih banyak komunikasi.
Ini
adalah alasan orang-orang bersemangat tentang konten online langsung dan ada
banyak aplikasi dan penggunaan potensial lainnya untuk jenis konten ini.
Bayangkan bisa melihat restoran hidup, tepat pada saat itu sebelum Anda memesan
meja. Atau bayangkan bisa melihat di balik layar sementara acara TV favorit
Anda.
Sejarah Live Streaming Sejauh Ini
Sebelum
keterlibatan Facebook, kebanyakan orang menganggap Periscope sebagai aplikasi
populer untuk live streaming. Padahal aplikasi Meerkat yang pertama kali membuat
live streaming. Dan saat itu, tidak ada yang pernah mendengar Periscope.
Meerkat
menarik banyak perhatian dengan sangat cepat lalu saat pertama kali diumumkan
pada Maret 2015. Sejak saat itu, berhasil menciptakan peningkatan jumlah buzz
dan mengumpulkan perhatian media. Ironisnya, Meerkat juga bekerja sangat erat
bersama Twitter, yang benar-benar membantu memberikannya ketenaran. Saat itu,
Meerkat dikenal sebagai 'AIR' dan kemudian di 'Yevvo'.
Tapi
segera Twitter akan memutuskan bahwa tidak hanya mendukung Meerkat. Periskop
menjadi terkenal dengan Twitter di baliknya. Periscope sangat cepat membuktikan
bahwa ada audiens yang sangat besar dan berpotensi untuk jenis konten ini dan
itu tidak diragukan lagi apa yang menggelitik minat Facebook - jaringan media
sosial besar 'lainnya'.
Sejarah Facebook Sejauh Ini
Bagaimana
dengan sejarah Facebook itu sendiri? Kebanyakan orang tahu sedikit tentang
sejarah Facebook berkat film sukses The Social Network. Meskipun menjadi film
yang bagus, banyak fakta yang disajikan tidak akurat dan ceritanya hanya
berdasarkan peristiwa nyata.
Seperti
yang ditunjukkan dalam film, Facebook adalah ciptaan Mark Zuckerberg yang
sedang belajar di Harvard pada saat itu. Juga seperti yang ditunjukkan dalam
film, Mark sebelumnya telah mengalami beberapa keberhasilan dan kontroversi.
Dalam
film, Mark ditampilkan sebagai seorang yang canggung dan menggunakan Facebook
sebagai sarana untuk mencoba dan masuk perguruan tinggi. Meskipun demikian,
Mark sudah berkencan dengan istrinya yang sekarang Priscilla Chan ketika dia muncul
dengan jejaring sosialnya! Dan yang agak akurat adalah penggambaran kemitraan
Mark dengan teman sekamar dan kolega Eduardo Saverin. Juga benar bahwa Mark
menghadapi tuntutan hukum dari Winklevoss dan teman mereka Divya Narenda.
Namun,
sangat tidak mungkin Mark benar-benar terinspirasi dari trio tersebut saat
membuat Facebook. Padahal, sudah menjadi pengetahuan umum pada saat itu Harvard
bekerja di jaringan sosial mereka sendiri tetapi mereka mengambilnya waktu yang
lama untuk menyelesaikan proyek. Mark mendiskusikan hal ini secara terbuka
dengan Harvard Crimson dan tampaknya lebih mungkin bahwa ini adalah kompetisi dia
lebih fokus pada:
“Jelas bahwa teknologi yang
dibutuhkan untuk membuat situs web terpusat sudah siap tersedia ... manfaatnya
banyak.
“Semua
orang berbicara banyak tentang facebook secara umum di Harvard. Saya pikir itu
agak konyol bahwa itu akan butuh beberapa tahun bagi universitas untuk menjelajahinya,
karena saya bisa
melakukannya lebih baik daripada yang mereka bisa, dan saya bisa melakukannya
dalam seminggu.”
Setelah
membuat Facebook dengan aksen warna biru (karena kebutaan warna Mark) dia
tempatkan itu di daftar email Kirkland House, yang memiliki 300 pelanggan. Pada
akhir malam pertama, situs ini sudah memiliki antara 1.200-1.500 anggota baru.
Awalnya,
Facebook hanya tersedia untuk siswa Harvard tetapi secara bertahap akan
diluncurkan di perguruan tinggi lain sebelum dibuka untuk umum. Di tahun 2004, Facebook
diperluas untuk memasukkan Stanford, Columbia dan Yale dan dari disana terus
tumbuh.
Selama
bertahun-tahun berikutnya, Facebook akan terus menambahkan banyak hal baru, fitur
tambahan yang saat ini dianggap sebagai bagian inti dari platform. Misalnya,
baru pada tahun 2006 perusahaan memperkenalkan 'Berita' Umpan 'yang awalnya
menerima beberapa reaksi.
Dan
baru pada tahun 2010 kami melihat pengenalan tombol ‘Sukai’. Ini juga tahun
dimana Pesan Facebook diperkenalkan.
Saat
ini, Facebook memiliki lebih banyak pengguna aktif di dunia. Bahkan, per
September 2015, 1,01 miliar orang masuk ke situs setiap hari. Ada lebih dari
1,39 miliar pengguna di Facebook seluler, sedangkan tombol suka dan bagikan
mendapatkan lebih dari 10 juta tampilan tiap hari di situs web lain. Ada lebih
dari 300 juta foto yang diunggah setiap hari dan rata-rata orang Amerika akan
menghabiskan 40 menit sehari.
Tetapi
dampak dari Facebook bahkan tidak dapat secara akurat ditangkap oleh data
diatas yang diakui mengesankan. Facebook telah menjadi lebih dari sekadar hanya
jaringan sosial dan hari ini dapat dianggap sebagai bagian integral dari kehidupan
modern. Banyak istilah seperti ‘friend me’ dan ‘like’ telah ditambahkan pada
kosakata umum dan Facebook bahkan memiliki dampak pada cara kita bersosialisasi
dan psikologi kami lebih luas. Ini bukan hanya alat, ini adalah sesuatu yang
secara mendasar mengubah interaksi manusia.
Akuisisi, Pengembangan, dan
Streaming Langsung
Dalam
konteks inilah kita perlu melihat minat terhadap Facebook streaming dan
perpindahannya ke area ini. Untuk alat yang benar-benar telah diubah cara kita
berkomunikasi dan cara kita tetap berhubungan, streaming langsung masuk akal di
dunia.
Facebook
memungkinkan kami untuk berbagi pengalaman kami dengan orang-orang di seluruh
dunia dengan mengunggah foto dan menulis komentar. Tapi sekarang sudah
selangkah lebih jauh dari itu dengan membiarkan kita berbagi momen dan kenangan
itu bersama orang-orang.
Dan
mengingat miliaran pengguna harian, tidak ada perusahaan di dunia yang cukup
baik untuk benar-benar menyudutkan pasar ini.
Keren postingannya bang hahaha
BalasHapusterima kasih. ini hanya beberapa ulasan dari dunia maya
BalasHapusFacebook, siapa yang ga tau dengannya.. Tapi sejarahnya mungkin sedikit yang tau dan artikel ini pun ikut menjelaskannya :)
BalasHapusNice info....
ini hanya beberapa ulasan tentang fb. masih banyak info menarik lainnya yg belum dituangkan disini.
Hapus