-->

RAIH JUTAAN RUPIAH DARI SHOPEE ONLINE STORE

optimasi shopee


Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia, setiap harinya banyak transaksi jual beli. Seperti halnya marketplace lain, pengguna shopee lebih didominasi oleh pembeli yang mencari-cari barang yang mereka butuhkan.

Maka dari itu, ini menjadi sebuah peluang bagi yang mempunyai jiwa bisnis untuk memanfaatkannya. Menjadi seorang penjual atau reseller sukses di Shoppe bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Jika merasa bingung barang apa yang harus dijual, cobalah untuk menjadi reseller/dropshiper disana. Dengan melakukan hal-hal wajib sebagai seorang reseller/dropshiper, niscaya akan memberikan keuntungan yang berlipat-lipat.


Sebagai seorang penjual/reseller/dropshiper dalam menjalankan Shoppe perlu melakukan optimasi supaya menghasilkan profit yang mengalir secara terus menerus. Berikut beberapa optimasi shopee yang bisa dilakukan :

Mengenal kompetitor

Mungkin dari kita ada yang bertanya, apa sih pentingnya mengenal kompetitor? Sangat penting kita mengenal kompetitor untuk bisa bersaing dengannya. Sama seperti di media sosial, kompetitor adalah tempat berkumpulnya target market yang akan kita bidik nanti.

Kompetitor dan target market:
  1. Siapa kompetitor kita? Kompetitor adalah mereka yang menjual produk yang sama atau sejenis dengan produk yang kita jual. Misalkan saya menjual sarung instan anak, maka kompetitor saya adalah semua yang menjual sarung instan anak dan baju koko anak. Karena label saya Ezarkids, maka semua brand yang sejenis dengan saya adalah kompetitor saya.
  2. Target market adalah mereka yang kita bidik akan menjadi konsumen kita di Shopee. Dimana kita bisa cari mereka? Kebanyakan mereka berkumpul di kompetitor kita. Siapapun yang memfollow kompetitor kita, merekalah target market kita. Bisa juga konsumen yang pernah beli di toko kita. 
Cara pertama, untuk menemukan kompetitor, kita search di kolom pencarian dan ketikkan kata kunci produk yang sama seperti produk kita. Lalu perhatikan hasilnya.


optimasi shopee


Maka anda akan menemukan kompetitor anda. Dalam mencari kompetitor, pastikan anda memilih kompetitor yang mempunyai banyak follower, karena nanti kita akan menambah follower mereka.

Cara kedua, tinggal ketik kata kunci dari nama toko yang berkaitan dengan nama toko kita. Karena saya menjual produk anak, saya bisa mengetikkan kata “baby kids” atau “kids”. Jika anda menjual hijab, maka anda bisa mengetik kata hijab, jilbab, muslimah, dll. Ini contoh hasil pencarian kompetitor saya:


Menambah Follower Tertarget

Setelah anda mengetahui cara mencari kompetitor, selanjutnya anda perlu menambah target market yang berkumpul di kompetitor anda tadi. Orang lain tidak mungkin memfollow akun kita kalau tidak pernah melakukan pembelian dan puas dengan produk kita. Boro-boro mau follow, kenal aja nggak. Hehehe... Tapi ketika mereka follow akun kita, mereka ada kemungkinan akan kepo kepada produk yang kita jual. Nah di situ ada kemungkinan untuk terjadi penjualan.

Lalu bagaimana caranya meminta mereka untuk follow akun kita? Nah kali ini akan kita bahas tuntas caranya. Pertama, klik toko kompetitor anda. Seperti dijelaskan diawal , carilah kompetitor yang mempunyai banyak follower.




Biasanya Shopee membatasi 250 hingga 300 followers per hari. Carilah target market yang spesifik agar follower kita benar-benar sesuai target. Kemudian unfollow mereka dengan cara di atas.

Kenapa kok di-unfollow? Banyak tuh yang tanya begini di kelas-kelas sebelumnya. Banyak peserta yang bingung kenapa harus di unfollow setelah kita follow mereka? Jawabannya simple saja, karena kita ingin menjadi penjual terpercaya. Maksudnya? Bayangkan kalau anda sebagai pembeli, ingin beli ke toko orang, setelah dilihat ternyata toko itu banyak memfollow toko lain tapi yang follow toko itu cuma sedikit. Bagaimana perasaan anda? Mungkin sedikit kurang percaya dengan toko itu karena toko yang bagus adalah toko yang banyak difollow orang, bukan toko yang banyak memfollow orang. Betul? Untuk menunjukkan akun anda difollow banyak orang, dan toko anda rame sehingga menimbulkan kesan “tidak sempat” memfollow toko orang, karena itulah toko anda harus banyak pengikut tapi sedikit mengikuti. Caranya? Yaitu dengan hit and run. Artinya anda follow orang dengan harapan dia follow balik anda, lalu anda unfollow dia selang beberapa waktu. Kalau dia tidak balik follow kita bagaimana? Ya biarkan saja. Cari lagi yang lain.

Tapiiiii..... Perlu dicatat ya teman2, bahwa Shopee membatasi 5.000 follower dan 5.000 following. Manfaatkan orang yang kita follow benar-benar target market kita, jangan asal follow orang saja.

Menjadi Star Seller Shopee

Sebelumnya dikenal sebagai Penjual Terpilih Shopee, merupakan sebuah apresiasi untuk penjual yang aktif dan memiliki pelayanan pelanggan yang baik. Menjadi penjual terpilih tentu sangat kita idamkan. Kita bisa mendapatkan label khusus berupa centang atau tulisan “Terpiih” berwarna orange di logo toko dan produk kita. Mendapatkan logo star seller lumayan menguras tenaga terutama bagi nubie karena ada target yang harus tercapai setiap bulannya. Karena jika target menurun, bukan tidak mungkin suatu hari Shopee akan mencabut logo star seller toko kita.

Menjadi penjual terpilih tidak hanya sekedar mendapatkan sebuah pengakuan dari Shopee, tapi penjual terpilih juga mendapatkan fasilitas yang tidak didapatkan toko lain yang bukan star seller. Contoh kongkretnya adalah subsidi ongkos kirim untuk minimal pembelian 90.000 pada star seller Shopee. Padahal di toko yang bukan star seller, buyer harus membeli minimal 120.000-150.000 setiap kali chek out. Tentunya ini akan berakibat pada order yang kita terima.

Jumlah star seller Shopee sangat terbatas, karena standarisasinya bisa dirasakan oleh penjual yang memiliki banyak order. Terlebih lagi untuk menjadi official shop Shopee, langkah awal yang harus dicapai adalah harus bisa mempertahankan predikat star seller. Itu artinya kita harus memiliki performa penjualan yang baik agar mendapatkan gelar star seller, bahkan naik tingkat menjadi official shop.

Walaupun begitu, bukan berarti kita sebagai nubie tidak bisa meraihnya. Dengan mengetahui syarat dan ketentuan, serta cara untuk meningkatkan reputasi toko kita, insya Allah kita juga bisa mendapatkannya. Saya bisa mendapatkan label star seller selama 2 bulan, dan itu yang menyebabkan saya merekrut 1 admin khusus untuk mengurus Shopee agar performa tidak menurun.

Syarat dan Fasilitas Sebenarnya kita bisa mencari syarat dan ketentuan menjadi star seller di help center. Tapi tidak apa-apa kita informasikan juga disini.
Detil kriteria Star Seller Shopee adalah sebagai berikut:
  • Detil No. KTP telah sukses diterima dan disetujui oleh Shopee;
  • Toko mempunyai presentase chat dibalas: >=80%;
  • Toko mempunyai rating: >=4.5;
  • Toko memiliki minimum jumlah transaksi berhasil sebesar 50 pesanan dalam sebulan terakhir;
  • Toko melayani 25 pembeli berbeda dalam sebulan terakhir;
  • Pembatalan dan pengembalian dalam sebulan terakhir < 10%, mengindikasikan tingkat layanan yang baik untuk pembeli;
  • Tidak mempunyai riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi.
Penjual juga tidak diperbolehkan menjual barang-barang berikut untuk terdaftar sebagai Star Seller:

  • Barang-barang, deskripsi produk, dan kemasan yang mengandung unsur barang palsu atau tiruan produk yang melanggar hak cipta atau merek dagang tertentu;
  • Barang bekas;
  • Parfum;
  • Suplemen kesehatan;
  • Produk MLM;
  • Soft lens (lensa kontak);
  • Voucher;
  • Produk perawatan kulit yang tidak memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM);
  • Barang-barang bermerek yang tidak memiliki izin distribusi resmi dari pihak berwenang. Status penjual terpilih akan dinonaktifkan jika ada permintaan dari pihak distributor resmi.
Fasilitas yang didapat star seller antara lain:

  • Mudah dipromosikan oleh Shopee;
  • Subsidi ongkir Rp.30.000,- minimal belanja Rp.90.000,- untuk semua jenis pengiriman;
  • Koin Shopee hanya bisa ditukar di star seller;
  • Menjadi langkah awal untuk menjadi official shop;
  • Dll.

Tips Menjaga Reputasi

Pernah belanja di Shopee lalu puas dengan produknya, kemudian kita memberikan nilai 5 bintang? Nah itulah reputasi. Nilai reputasi ditentukan dari berapa total bintang dibagi jumlah pembeli. Semakin banyak pembeli yang memberi nilai 5 pada produk anda, maka reputasi toko kita akan semakin baik. Semakin banyak yang memberikan nilai 3 bahkan 1 pada toko anda, reputasi toko anda akan buruk. Hal ini akan berpengaruh pada predikat star seller yang ingin anda capai. Kadang ada juga kompetitor yang ingin mengacaukan produk kita dengan memesan barang, lalu memberikan nilai jelek. Untuk itu ada tips untuk menjaga reputasi agar toko kita bisa terpilih menjadi star seller Shopee. Berikut tips menjaga reputasi yang pernah kami alami selama jualan di Shopee. 
  1. Jaga kualitas produk dan pelayanan anda Nah, ini yang harus anda jaga. Kualitas barang harus sesuai ekspektasi konsumen. Karena kadang-kadang gambar tidak sesuai dengan kualitas produknya. Jika warna tidak sama atau modelnya berubah, lebih baik jika anda komunikasikan dengan calon buyer. Jika calon buyer tersebut menerima dengan penjelasan kita, dia tetap akan jadi order tanpa rasa kecewa. Tapi jika dia tidak menerima, setidaknya tidak berdampak pada turunnya reputasi toko kita. Karena itu, foto yang digunakan sebaiknya menggunakan real picture. Jika anda dropship, lebih baik untuk tahu kualitas produknya terlebih dahulu agar promosinya juga lebih yakin. Selain itu, jaga pelayanan toko anda agar tetap ramah dan fast respon. Membalas chat dengan cepat akan berpotensi closing yang tinggi. Jika anda seorang yang sibuk, delegasikan tugas membalas chat kepada orang lain, agar presentase chat terbalas lebih dari 80%.
  2. Pamerkan testimoni konsumen Jika anda punya testimoni konsumen, maka akan sangat penting jika anda memamerkannya, baik di slider toko maupun di tambahan foto produk. Dengan adanya testimony ini, akan meningkatkan Trust dari calon buyer.
  3. Berikan voucher belanja Anda juga bisa menukarkan bintang dengan voucher belanja pada toko anda. misalkan memberikan voucher Rp 5.00010.000 pada order selanjutnya, jika buyer memberi 5 bintang. Maka anda akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, yaitu repeat order dan mendapatkan 5 bintang.
  4. Bisikin saja Yang terakhir, tapi sangat manjur adalah langsung kirim chat ke konsumen. Jika dia memberi penilaian buruk karena produk yang tidak sesuai ekspektasi, maka kita berikan jaminan untuk direturn dan uangnya direfund, asalkan dia mengubah nilai menjadi 5 bintang. Tapi itupun jika anda mau. Karena sebagian seller tidak memberikan garansi produk return. Tapi jika nilainya mepet, misalkan memberi 4 bintang, kita bisa langsung chat konsumen. Berterima kasihlah karena telah mengkonfirmasi barang diterima, lalu mintalah dengan bahasa yang halus agar dia mau memberi 5 bintang. 

Trik Tembus 50 Sales Dalam Sebulan

Bagaimana caranya supaya kita bisa masuk menjadi Penjual Terpilih Shopee? Yakni Star Seller Shop di Shopee. Berikut ini trik supaya bisa tembus 50 sales dalam sebulan:
  1. Jual produk dengan harga yang murah Murah disini yang sekiranya memerlukan pembelanjaan yang tinggi untuk bisa mencapai subsidi gratis ongkir. Misalnya, jual inner anti pusing. Harga per-pcs-nya Rp5ribu Untuk bisa mendapatkan gratis ongkir, minimal belanja harus Rp70ribu. Jadi, mau nggak mau pembeli akan membeli dalam jumlah banyak, atau melengkapinya dengan produk lain yang kita jual.
  2. Jual produk dengan harga murah dan berlakukan harga grosir Murah aja belum cukup. Coba jual dengan sistem grosir. Nggak masalah untung kecil. Tapi jumlah salesnya tinggi. Misal keuntungan inner ninja hanya Rp1000 per pcsnya. Jual minimal 3pcs dengan keuntungan Rp1500 per 3pcs. Yang artinya, keuntungan per pcsnya hanya Rp500. Tapi, sekali transaksi keuntungan yang didapat sebesar Rp1500 dan jumlah salesnya sebanyak 3 sales. Belum lagi jika pembeli mesti ngepasin sama syarat gratis ongkirnya. Bakal makin banyak salesnya donk pastinya….
  3. Arahkan order dari media lain untuk belanja di Shopee Misal yang punya pembeli dari Facebook atau Instagram, bisa diarahkan untuk belanja lewat Shopee. Tawarkan gratis ongkir dan diskon tambahan jika membeli lewat toko kita di Shopee. Istilahnya ini Direct Order. Dan ingat, jangan fokus pada profitnya dulu. Tapi fokus pada sales yang dihasilkan. Nggak masalah untung dikit, asal jumlah sales terus meningkat.
  4. Berikan apresiasi berupa voucher belanja kepada pembeli yang sudah berbelanja di toko Anda. Vouchernya yang gedhe nominalnya, tapi dengan syarat pembelanjaan yang tinggi juga. Dan kasih batas waktu untuk segera mengklaim voucher tersebut. Jika dia sudah pernah membeli di toko kita dan terbukti produk yang kita jual bagus, maka dia nggak akan segan-segan untuk melakukan repeat order. Apalagi jika mendapat voucher belanja.
  5. Buka Peluang Keagenan (Reseller/Dropship) Dengan cara ini, teman-teman bisa mendapatkan tambahan sales dari beberapa mitra yang menjualkan kembali produk teman-teman. Berikan harga khusus bagi reseller yang membeli dalam jumlah yang banyak. Dan bagi dropshiper berikan kemudahan untuk bisa menjualkan produk Anda dengan menggunakan nama Dropshiper. 

Oke, sepertinya itu sedikit tips dari saya tentang bagaimana supaya toko kita bisa masuk menjadi Star Seller. Sejatinya saya juga masih berproses untuk menuju ke arah sana. Jadi kita sama-sama berdoa dan berusaha supaya target menjadi star seller bisa tercapai secepatnya.

Cara Mengoptimasi Mesin Pencarai (SEO)

Pernah mendengar kata SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari. SEO di Shopee sedikit berbeda dengan SEO di google. Jika di google membutuhkan backlink untuk mengoptimasi kata pencari, maka di Shopee kita tidak memerlukan backlink. Persamaannya, kita mengoptimisasi kata-kata agar mudah dicari, ditambah dengan hashtag yang mendukung kata pencarian. Ketika buyer membuka aplikasi Shopee, mereka yang ingin mencari barang akan langsung mengetikkan kata di mesin pencari. Jika buyer masih bingung mencari produk, Shopee akan merekomendasikan pencarian yang sedang populer. Nah di situ kesempatan kita untuk mengoptimisasi kata pencarian. Lalu bagaimana caranya? Sangat mudah. Cukup kita mengetikkan nama produk sedetail mungkin. Kata tersebut harus sejenis dengan produk yang kita jual. Contoh 1 : Sarung instan anak, celana sarung anak, baju koko anak, sarcel, saruna, sarkoci Contoh 2 : Tas ransel backpack sekolah anak motif corak, 3 in 1 polkadot, 3 warna Contoh 3 : Sale! Gamis Syari Afida, size S fit to XL, baju murah, gamis syari, murah wanita.

Selain itu, deskripsi perlu didukung dengan hashtag agar mudah ditemukan dalam pencarian. Gunakan hashtag yang sesuai dengan produk kita. Diutamakan hashtag yang setema. Tapi jangan teralu banyak juga agar tidak tenggelam dengan hashtag yang sangat banyak digunakan. Secara umum, hashtag bisa digunakan sebanyak 18 hashtag. Namun yang terpenting bukanlah banyak atau sedikitnya hashtag yang kita buat, akan tetapi seberapa tepat hashtag menjangkau target market.


0 Response to "RAIH JUTAAN RUPIAH DARI SHOPEE ONLINE STORE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel