RAIH JUTAAN RUPIAH DARI SHOPEE ONLINE STORE
Shopee merupakan salah satu marketplace
terbesar di Indonesia, setiap harinya banyak transaksi jual beli. Seperti halnya
marketplace lain, pengguna shopee lebih didominasi oleh pembeli yang
mencari-cari barang yang mereka butuhkan.
Maka dari itu, ini menjadi sebuah
peluang bagi yang mempunyai jiwa bisnis untuk memanfaatkannya. Menjadi seorang
penjual atau reseller sukses di Shoppe bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Jika
merasa bingung barang apa yang harus dijual, cobalah untuk menjadi
reseller/dropshiper disana. Dengan melakukan hal-hal wajib sebagai seorang reseller/dropshiper, niscaya akan memberikan keuntungan yang berlipat-lipat.
Sebagai seorang
penjual/reseller/dropshiper dalam menjalankan Shoppe perlu melakukan optimasi
supaya menghasilkan profit yang mengalir secara terus menerus. Berikut beberapa
optimasi shopee yang bisa dilakukan :
Mengenal kompetitor
Mungkin dari kita ada yang
bertanya, apa sih pentingnya mengenal kompetitor? Sangat penting kita mengenal
kompetitor untuk bisa bersaing dengannya. Sama seperti di media sosial,
kompetitor adalah tempat berkumpulnya target market yang akan kita bidik nanti.
Kompetitor dan target market:
- Siapa kompetitor kita? Kompetitor adalah mereka yang menjual produk yang sama atau sejenis dengan produk yang kita jual. Misalkan saya menjual sarung instan anak, maka kompetitor saya adalah semua yang menjual sarung instan anak dan baju koko anak. Karena label saya Ezarkids, maka semua brand yang sejenis dengan saya adalah kompetitor saya.
- Target market adalah mereka yang kita bidik akan menjadi konsumen kita di Shopee. Dimana kita bisa cari mereka? Kebanyakan mereka berkumpul di kompetitor kita. Siapapun yang memfollow kompetitor kita, merekalah target market kita. Bisa juga konsumen yang pernah beli di toko kita.
Cara
pertama, untuk menemukan kompetitor, kita search di kolom pencarian dan ketikkan
kata kunci produk yang sama seperti produk kita. Lalu perhatikan hasilnya.
Maka anda akan menemukan kompetitor
anda. Dalam mencari kompetitor, pastikan anda memilih kompetitor yang mempunyai
banyak follower, karena nanti kita akan menambah follower mereka.
Menambah Follower Tertarget
Setelah anda mengetahui cara
mencari kompetitor, selanjutnya anda perlu menambah target market yang
berkumpul di kompetitor anda tadi. Orang lain tidak mungkin memfollow akun kita
kalau tidak pernah melakukan pembelian dan puas dengan produk kita. Boro-boro
mau follow, kenal aja nggak. Hehehe... Tapi ketika mereka follow akun kita,
mereka ada kemungkinan akan kepo kepada produk yang kita jual. Nah di situ ada
kemungkinan untuk terjadi penjualan.
Lalu bagaimana caranya meminta mereka
untuk follow akun kita? Nah kali ini akan kita bahas tuntas caranya. Pertama,
klik toko kompetitor anda. Seperti dijelaskan diawal , carilah
kompetitor yang mempunyai banyak follower.
Biasanya Shopee membatasi 250
hingga 300 followers per hari. Carilah target market yang spesifik agar
follower kita benar-benar sesuai target. Kemudian unfollow mereka dengan cara
di atas.
Kenapa kok di-unfollow? Banyak
tuh yang tanya begini di kelas-kelas sebelumnya. Banyak peserta yang bingung
kenapa harus di unfollow setelah kita follow mereka? Jawabannya simple saja,
karena kita ingin menjadi penjual terpercaya. Maksudnya? Bayangkan kalau anda
sebagai pembeli, ingin beli ke toko orang, setelah dilihat ternyata toko itu
banyak memfollow toko lain tapi yang follow toko itu cuma sedikit. Bagaimana
perasaan anda? Mungkin sedikit kurang percaya dengan toko itu karena toko yang
bagus adalah toko yang banyak difollow orang, bukan toko yang banyak memfollow
orang. Betul? Untuk menunjukkan akun anda difollow banyak orang, dan toko anda
rame sehingga menimbulkan kesan “tidak sempat” memfollow toko orang, karena
itulah toko anda harus banyak pengikut tapi sedikit mengikuti. Caranya? Yaitu
dengan hit and run. Artinya anda follow orang dengan harapan dia follow balik
anda, lalu anda unfollow dia selang beberapa waktu. Kalau dia tidak balik
follow kita bagaimana? Ya biarkan saja. Cari lagi yang lain.
Tapiiiii..... Perlu dicatat ya teman2,
bahwa Shopee membatasi 5.000 follower dan 5.000 following. Manfaatkan orang
yang kita follow benar-benar target market kita, jangan asal follow orang saja.
Menjadi Star Seller Shopee
Sebelumnya dikenal sebagai
Penjual Terpilih Shopee, merupakan sebuah apresiasi untuk penjual yang aktif
dan memiliki pelayanan pelanggan yang baik. Menjadi penjual terpilih tentu
sangat kita idamkan. Kita bisa mendapatkan label khusus berupa centang atau
tulisan “Terpiih” berwarna orange di logo toko dan produk kita. Mendapatkan
logo star seller lumayan menguras tenaga terutama bagi nubie karena ada target
yang harus tercapai setiap bulannya. Karena jika target menurun, bukan tidak
mungkin suatu hari Shopee akan mencabut logo star seller toko kita.
Menjadi penjual terpilih tidak
hanya sekedar mendapatkan sebuah pengakuan dari Shopee, tapi penjual terpilih
juga mendapatkan fasilitas yang tidak didapatkan toko lain yang bukan star
seller. Contoh kongkretnya adalah subsidi ongkos kirim untuk minimal pembelian
90.000 pada star seller Shopee. Padahal di toko yang bukan star seller, buyer
harus membeli minimal 120.000-150.000 setiap kali chek out. Tentunya ini akan
berakibat pada order yang kita terima.
Jumlah star seller Shopee sangat
terbatas, karena standarisasinya bisa dirasakan oleh penjual yang memiliki
banyak order. Terlebih lagi untuk menjadi official shop Shopee, langkah awal
yang harus dicapai adalah harus bisa mempertahankan predikat star seller. Itu
artinya kita harus memiliki performa penjualan yang baik agar mendapatkan gelar
star seller, bahkan naik tingkat menjadi official shop.
Walaupun begitu, bukan berarti
kita sebagai nubie tidak bisa meraihnya. Dengan mengetahui syarat dan
ketentuan, serta cara untuk meningkatkan reputasi toko kita, insya Allah kita
juga bisa mendapatkannya. Saya bisa mendapatkan label star seller selama 2
bulan, dan itu yang menyebabkan saya merekrut 1 admin khusus untuk mengurus
Shopee agar performa tidak menurun.
Syarat dan Fasilitas Sebenarnya kita
bisa mencari syarat dan ketentuan menjadi star seller di help center. Tapi
tidak apa-apa kita informasikan juga disini.
Detil kriteria Star Seller Shopee adalah
sebagai berikut:
- Detil No. KTP telah sukses diterima dan disetujui oleh Shopee;
- Toko mempunyai presentase chat dibalas: >=80%;
- Toko mempunyai rating: >=4.5;
- Toko memiliki minimum jumlah transaksi berhasil sebesar 50 pesanan dalam sebulan terakhir;
- Toko melayani 25 pembeli berbeda dalam sebulan terakhir;
- Pembatalan dan pengembalian dalam sebulan terakhir < 10%, mengindikasikan tingkat layanan yang baik untuk pembeli;
- Tidak mempunyai riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi.
Penjual
juga tidak diperbolehkan menjual barang-barang berikut untuk terdaftar sebagai
Star Seller:
- Barang-barang, deskripsi produk, dan kemasan yang mengandung unsur barang palsu atau tiruan produk yang melanggar hak cipta atau merek dagang tertentu;
- Barang bekas;
- Parfum;
- Suplemen kesehatan;
- Produk MLM;
- Soft lens (lensa kontak);
- Voucher;
- Produk perawatan kulit yang tidak memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM);
- Barang-barang bermerek yang tidak memiliki izin distribusi resmi dari pihak berwenang. Status penjual terpilih akan dinonaktifkan jika ada permintaan dari pihak distributor resmi.
Fasilitas
yang didapat star seller antara lain:
- Mudah dipromosikan oleh Shopee;
- Subsidi ongkir Rp.30.000,- minimal belanja Rp.90.000,- untuk semua jenis pengiriman;
- Koin Shopee hanya bisa ditukar di star seller;
- Menjadi langkah awal untuk menjadi official shop;
- Dll.
Tips Menjaga Reputasi
Pernah belanja di Shopee lalu
puas dengan produknya, kemudian kita memberikan nilai 5 bintang? Nah itulah
reputasi. Nilai reputasi ditentukan dari berapa total bintang dibagi jumlah
pembeli. Semakin banyak pembeli yang memberi nilai 5 pada produk anda, maka
reputasi toko kita akan semakin baik. Semakin banyak yang memberikan nilai 3
bahkan 1 pada toko anda, reputasi toko anda akan buruk. Hal ini akan
berpengaruh pada predikat star seller yang ingin anda capai. Kadang ada juga
kompetitor yang ingin mengacaukan produk kita dengan memesan barang, lalu
memberikan nilai jelek. Untuk itu ada tips untuk menjaga reputasi agar toko
kita bisa terpilih menjadi star seller Shopee. Berikut tips menjaga reputasi
yang pernah kami alami selama jualan di Shopee.
- Jaga kualitas produk dan pelayanan anda Nah, ini yang harus anda jaga. Kualitas barang harus sesuai ekspektasi konsumen. Karena kadang-kadang gambar tidak sesuai dengan kualitas produknya. Jika warna tidak sama atau modelnya berubah, lebih baik jika anda komunikasikan dengan calon buyer. Jika calon buyer tersebut menerima dengan penjelasan kita, dia tetap akan jadi order tanpa rasa kecewa. Tapi jika dia tidak menerima, setidaknya tidak berdampak pada turunnya reputasi toko kita. Karena itu, foto yang digunakan sebaiknya menggunakan real picture. Jika anda dropship, lebih baik untuk tahu kualitas produknya terlebih dahulu agar promosinya juga lebih yakin. Selain itu, jaga pelayanan toko anda agar tetap ramah dan fast respon. Membalas chat dengan cepat akan berpotensi closing yang tinggi. Jika anda seorang yang sibuk, delegasikan tugas membalas chat kepada orang lain, agar presentase chat terbalas lebih dari 80%.
- Pamerkan testimoni konsumen Jika anda punya testimoni konsumen, maka akan sangat penting jika anda memamerkannya, baik di slider toko maupun di tambahan foto produk. Dengan adanya testimony ini, akan meningkatkan Trust dari calon buyer.
- Berikan voucher belanja Anda juga bisa menukarkan bintang dengan voucher belanja pada toko anda. misalkan memberikan voucher Rp 5.00010.000 pada order selanjutnya, jika buyer memberi 5 bintang. Maka anda akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, yaitu repeat order dan mendapatkan 5 bintang.
- Bisikin saja Yang terakhir, tapi sangat manjur adalah langsung kirim chat ke konsumen. Jika dia memberi penilaian buruk karena produk yang tidak sesuai ekspektasi, maka kita berikan jaminan untuk direturn dan uangnya direfund, asalkan dia mengubah nilai menjadi 5 bintang. Tapi itupun jika anda mau. Karena sebagian seller tidak memberikan garansi produk return. Tapi jika nilainya mepet, misalkan memberi 4 bintang, kita bisa langsung chat konsumen. Berterima kasihlah karena telah mengkonfirmasi barang diterima, lalu mintalah dengan bahasa yang halus agar dia mau memberi 5 bintang.
Trik Tembus 50 Sales Dalam Sebulan
Bagaimana caranya supaya
kita bisa masuk menjadi Penjual Terpilih Shopee? Yakni Star Seller Shop di
Shopee. Berikut ini trik supaya bisa tembus 50 sales dalam sebulan:
- Jual produk dengan harga yang murah Murah disini yang sekiranya memerlukan pembelanjaan yang tinggi untuk bisa mencapai subsidi gratis ongkir. Misalnya, jual inner anti pusing. Harga per-pcs-nya Rp5ribu Untuk bisa mendapatkan gratis ongkir, minimal belanja harus Rp70ribu. Jadi, mau nggak mau pembeli akan membeli dalam jumlah banyak, atau melengkapinya dengan produk lain yang kita jual.
- Jual produk dengan harga murah dan berlakukan harga grosir Murah aja belum cukup. Coba jual dengan sistem grosir. Nggak masalah untung kecil. Tapi jumlah salesnya tinggi. Misal keuntungan inner ninja hanya Rp1000 per pcsnya. Jual minimal 3pcs dengan keuntungan Rp1500 per 3pcs. Yang artinya, keuntungan per pcsnya hanya Rp500. Tapi, sekali transaksi keuntungan yang didapat sebesar Rp1500 dan jumlah salesnya sebanyak 3 sales. Belum lagi jika pembeli mesti ngepasin sama syarat gratis ongkirnya. Bakal makin banyak salesnya donk pastinya….
- Arahkan order dari media lain untuk belanja di Shopee Misal yang punya pembeli dari Facebook atau Instagram, bisa diarahkan untuk belanja lewat Shopee. Tawarkan gratis ongkir dan diskon tambahan jika membeli lewat toko kita di Shopee. Istilahnya ini Direct Order. Dan ingat, jangan fokus pada profitnya dulu. Tapi fokus pada sales yang dihasilkan. Nggak masalah untung dikit, asal jumlah sales terus meningkat.
- Berikan apresiasi berupa voucher belanja kepada pembeli yang sudah berbelanja di toko Anda. Vouchernya yang gedhe nominalnya, tapi dengan syarat pembelanjaan yang tinggi juga. Dan kasih batas waktu untuk segera mengklaim voucher tersebut. Jika dia sudah pernah membeli di toko kita dan terbukti produk yang kita jual bagus, maka dia nggak akan segan-segan untuk melakukan repeat order. Apalagi jika mendapat voucher belanja.
- Buka Peluang Keagenan (Reseller/Dropship) Dengan cara ini, teman-teman bisa mendapatkan tambahan sales dari beberapa mitra yang menjualkan kembali produk teman-teman. Berikan harga khusus bagi reseller yang membeli dalam jumlah yang banyak. Dan bagi dropshiper berikan kemudahan untuk bisa menjualkan produk Anda dengan menggunakan nama Dropshiper.
Oke, sepertinya itu sedikit tips
dari saya tentang bagaimana supaya toko kita bisa masuk menjadi Star Seller.
Sejatinya saya juga masih berproses untuk menuju ke arah sana. Jadi kita
sama-sama berdoa dan berusaha supaya target menjadi star seller bisa tercapai
secepatnya.
Cara Mengoptimasi Mesin Pencarai (SEO)
Pernah mendengar kata SEO? SEO
adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari.
SEO di Shopee sedikit berbeda dengan SEO di google. Jika di google membutuhkan
backlink untuk mengoptimasi kata pencari, maka di Shopee kita tidak memerlukan
backlink. Persamaannya, kita mengoptimisasi kata-kata agar mudah dicari,
ditambah dengan hashtag yang mendukung kata pencarian. Ketika buyer membuka
aplikasi Shopee, mereka yang ingin mencari barang akan langsung mengetikkan
kata di mesin pencari. Jika buyer masih bingung mencari produk, Shopee akan
merekomendasikan pencarian yang sedang populer. Nah di situ kesempatan kita
untuk mengoptimisasi kata pencarian. Lalu bagaimana caranya? Sangat mudah. Cukup
kita mengetikkan nama produk sedetail mungkin. Kata tersebut harus sejenis
dengan produk yang kita jual. Contoh 1 : Sarung instan anak, celana sarung
anak, baju koko anak, sarcel, saruna, sarkoci Contoh 2 : Tas ransel backpack
sekolah anak motif corak, 3 in 1 polkadot, 3 warna Contoh 3 : Sale! Gamis Syari
Afida, size S fit to XL, baju murah, gamis syari, murah wanita.
Selain itu, deskripsi perlu didukung
dengan hashtag agar mudah ditemukan dalam pencarian. Gunakan hashtag yang
sesuai dengan produk kita. Diutamakan hashtag yang setema. Tapi jangan teralu
banyak juga agar tidak tenggelam dengan hashtag yang sangat banyak digunakan.
Secara umum, hashtag bisa digunakan sebanyak 18 hashtag. Namun yang terpenting
bukanlah banyak atau sedikitnya hashtag yang kita buat, akan tetapi seberapa
tepat hashtag menjangkau target market.
0 Response to "RAIH JUTAAN RUPIAH DARI SHOPEE ONLINE STORE"
Posting Komentar